Pelatihan Preservasi Jalan Untuk Mewujudkan ASN PUPR Profesional dan Berkualitas

Pelatihan Preservasi Jalan Untuk Mewujudkan ASN PUPR Profesional dan Berkualitas

197 25 0 Print

Banjarmasin, 10 Maret 2021 - Untuk memenuhi standar kompetensi jabatan ASN Kementerian PUPR, sebagaimana telah diamanatkan pada Peraturan Menteri PUPR No. 7 Tahun 2020 tentang standar kompetensi jabatan Aparatur Sipil Negara bidang Teknik Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BPSDM Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Jalan, Perumahan, dan PIW (JPW) telah melaksanakan Pelatihan Preservasi JalaN yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VII Banjarmasin.

Rezeki Peranginangin selaku Kepala Pusbangkom JPW mengatakan sesuai dengan sasaran pelatihan, para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu menerapkan/ melaksanakan preservasi jalan yang meliputi pemeliharaan rutin, pemeliharaan preventif, rehabilitasi dan rekonstruksi. Hal itu agar dapat memastikan dukungan jalan terhadap kegiatan pembangunan dan kondisi jalan dalam kondisi mantap, dalam rangka meningkatkan kinerja jalan daerah dalam mendukung peran Jalan Nasional sebagai kesatuan sistem jaringan jalan. 

Rezeki menambahkan, Pelatihan Preservasi Jalan  ini  dimaksudkan pula untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang profesional dan berintegritas serta mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur yang handal dan berkualitas. 

Dalam sambutannya Rezeki menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi seseorang tidak cukup hanya knowledge dan skill saja, akan tetapi ditentukan pula oleh faktor attitude yang menjunjung tinggi etika organisasi dan memiliki sikap positif (ramah dan sopan) dalam bertindak, ke 3 (tiga) unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang dapat membentuk kompetensi. Sehingga hal tersebut menjadi perhatian dalam penilaian kepada peserta selama mengikuti pelatihan.

Dari hasil rapat evaluasi peserta Pelatihan Preservasi Jalan, diperoleh hasil sebanyak 35 peserta dari 37 peserta lulus pada pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 01 sampai dengan 10 Maret 2021 ini. Adapun 3 peserta Pelatihan Preservasi Jalan dengan nilai terbaik pelatihan ini diraih oleh Hervin Haikal, S.T., M.Sc. dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Riau pada peringkat ketiga, Benny Arianto, S.T. dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur pada peringkat ke dua , dan Sasri Rosyadi, S.T., M.Sc.dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Riau pada peringkat ke tiga. (Kompu BPSDM)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Berita Terkait