Kunjungi Pameran Fotografi "7 Citizen No 1", Menteri Basuki: Momen Untuk Memaknai Sejarah

Kunjungi Pameran Fotografi "7 Citizen No 1", Menteri Basuki: Momen Untuk Memaknai Sejarah

469 23 Print

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto mengunjungi pameran fotografi jurnalistik dan peluncuran buku fotografi bertajuk "7 Citizen No.1" yang diadakan oleh Pewarta Foto Istana Kepresidenan, Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Neo Soho Mal, Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Basuki yang disematkan label "fotografer G20" oleh Oscar Matuloh - selaku kurator photo yang dipamerkan - melihat-lihat karya fotografi profesional tentang sejarah perjalanan 7 (tujuh) Presiden mulai dari era Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo dalam memimpin Bangsa Indonesia. 

Menteri Basuki mengajak kepada para pengunjung pameran untuk tidak hanya melihat hasil karya foto dari sisi ilmu atau teknik  fotografi, tetapi bagaimana memaknai nilai sejarah bangsa. 

"Saya kira sebagai generasi penerus bangsa, pameran fotografi ini bisa menjadi pelajaran. Kita bandingkan apa yang sudah kita lakukan untuk negara sekarang ini dengan apa yang sudah diberikan beliau-beliau untuk bangsa Indonesia" kata Menteri Basuki. 

Menteri Basuki juga mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki Arsip Nasional RI (ANRI) yang menyimpan berbagai arsip foto, peta dan dokumen yang memotret perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa. Perjuangan para pendiri bangsa juga bisa menjadi pelajaran bagi para generasi penerus untuk berkaca dalam memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara. 

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Randy Tri Kurniawan mengatakan pameran fotografi "7 Citizen No 1" ini dilaksanakan mulai 18 November hingga 3 Desember 2022 dengan memamerkan 157 karya dari 173 karya foto jurnalistik yang sudah dikurasi oleh Oscar Matuloh. 

"Karya foto yang dipamerkan 60% bersumber dari ANRI, sisanya 40% berasal dari karya fotografer istana," tambah Randy. Beberapa karya foto yang dipamerkan tentang dwitunggal Sukarno-Hatta saat membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945, merupakan warisan teragung yang dimiliki Indonesia. "Foto-foto tersebut merupakan bukti otentik yang mengabadikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," tutup Oscar Matuloh.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.  (Tri)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Berita Terkait