Ditjen Bina Konstruksi Fasilitasi Serah Terima Calon Pemagangan Vokasi Proyek Konstruksi Kementerian PUPR

Ditjen Bina Konstruksi Fasilitasi Serah Terima Calon Pemagangan Vokasi Proyek Konstruksi Kementerian PUPR

398 23 Print

Medan – Direktorat Jenderal Bina Konstruksi melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I Banda Aceh memfasilitasi 21 mahasiswa dari empat Perguruan Tinggi Sumatera Utara untuk mengikuti pemagangan vokasi pada proyek-proyek konstruksi Kementerian PUPR di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Mahasiswa tersebut terdiri dari 13 mahasiswa Politeknik Negeri Medan; 6 mahasiswa Universitas Negeri Medan; 1 Mahasiswa Universitas Harapan Medan; 1 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. mengikuti pemagangan vokasi pada proyek-proyek konstruksi Kementerian PUPR di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

“Peserta yang telah lulus seleksi pemagangan ini akan mengisi 5 jenis jabatan teknis yang sesuai dengan kebutuhan penyedia jasa meliputi pengawas lapangan, petugas laboratorium konstruksi, surveyor, HSE (safety man), dan asisten teknik sipil.” Ungkap  Direktur Jenderal Bina Konstruksi yang diwakili oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I Banda Aceh Indra Suhada pada kegiatan Fasilitasi Serah Terima Calon Peserta Pemagangan Vokasi Pada Proyek-proyek Konstruksi Kementerian PUPR Di Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Jumat (2/9/2022) di Sumatera Utara.

Para calon peserta pemagangan vokasi ini, akan di tempatkan pada proyek-proyek konstruksi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang meliputi 6 buah paket pekerjaan konstruksi terpilih. Diantaranya, 4 paket pekerjaan dari BBPJN Sumatera Utara yaitu Paket Pekerjaan Preservasi Jalan Bts. Kab. Dairi Dolok Sanggul (MYC) dengan Penyedia Jasa PT. Seneca Indonesia; Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan Aek Natolu – Ajibata (MYC) dengan Penyedia Jasa PT. JO-MTJ-DAYA; Paket Pekerjaan Preservasi Jalan Bandara Silangit – SP. Silangit – Parapat – Pelabuhan Ajibata (MYC) dengan Penyedia Jasa PT. Nindya Karya dan Paket Pekerjaan Preservasi Jalan Bts. Prov. Aceh – Tanjung Pura – Lingkar Luar Binjai – Sukarno Hatta (Binjai) dengan Penyedia Jasa PT. Pirimbilo Permai.

Selain itu, satu Paket Pekerjaan dari BWS Sumatera II yaitu Paket Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Sei Ular (Perbaungan) Daerah Irigasi Kab. Serdang Bedagai dengan Penyedia Jasa PT. Nindya Karya. Serta satu paket pekerjaan dari BPPW Sumatera Utara yaitu paket pekerjaan pembangunan IPA Kap. 50 L/Det dan Jaringan Perpipaan SPAM IKK Bilah Hilir Kab. Labuhan Batu dengan Penyedia Jasa PT. Citra Prasasti Konsorindo.


Kegiatan ini dimaksudkan sebagai fasilitasi dalam rangka Link and Match antara dunia pendidikan dan dunia industri melalui pelaksanaan program pemagangan bidang konstruksi pada paket pekerjaan konstruksi dengan nilai pagu anggaran di atas Rp50 M di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing. Siap bekerja sesuai kebutuhan industri konstruksi; dan memiliki kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang konstruksi,” Ujar Indra Suhada Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh


Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Dewi Chomistriana yang mengikuti secara daring menyampaikan pada 2021 terdapat jumlah potensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Politeknik dan Perguruan Tinggi sebesar 48.559 peserta didik. Namun demikian, Data BPS 2019 menunjukkan bahwa jumlah pengangguran dari tingkat pendidikan SMK sebanyak 8,3 persem, Diploma I/II/III sebanyak 6,9 persen, dan Sarjana sebanyak 6,2 persen.


“Salah satu penyebab utamanya adalah ketidakselarasan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK, Politeknik, dan/atau Perguruan Tinggi dengan kebutuhan Industri,” Ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Dewi Chomistriana.


Lebih lanjut Dewi Chomistriana menambahkan Ditjen Bina Konstruksi perlu melaksanakan kegiatan serah terima peserta pemagangan dan penandatanganan perjanjian pemagangan yang mempertemukan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) yaitu antara Ditjen Bina Konstruksi, Balai-Balai Teknis di Kementerian PUPR, Politeknik/Universitas pada Wilayah kerja BJKW I Banda Aceh di Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Penyedia Jasa Konstruksi, dan Peserta Pemagangan.


“Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat mendukung atau menjadi cikal bakal harmonisasi terhadap program Pemagangan,” tambahnya.


Direktorat Jenderal Bina Konstruksi kembali melakukan pembinaan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi pada 2022 dengan target 46.790 orang. Target ini terdiri dari 17.800 tenaga kerja konstruksi reguler (11.000 TKK usulan Anggota Komisi V dan 6.800 TKK reguler) dan 28.990 tenaga kerja vokasional (pelatihan vokasional 27.590 orang, ToT instruktur 700 orang dan asesor 700 orang) tersebar di tujuh wilayah balai jasa konstruksi wilayah.


“Pada TA 2021 lalu, pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi melebih target sebesar 141 persen, melebihi target awal 52.857 orang,” imbuh Dewi.

Sementara itu, Direktur Keberlanjutan Konstruksi Kimron manik menyampaikan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan pemagangan ini dengan bersungguh-sungguh karena ini merupakan implementasi yang sangat berarti dari penerapan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama ini di Universitas.


Beliau berpesan kepada para penyedia jasa yang menjadi tempat pemagangan agar mampu memberikan contoh yang baik pada proses kegiatan pembangunan konstruksi di lapangan, karena apa yang mereka kerjakan akan menjadi pelajaran yang akan dicontoh oleh para mahasiswa/i yang mengikuti pemagangan tersebut.


Sedangkan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumatera Utara Ir. Brawijaya, S.E., M.Eng.I.E., MSCE., Ph.D berpesan, calon peserta pemagangan ini adalah mahasiswa/i pilihan yang telah melalui serangkaian tes, baik itu administrasi maupun wawancara yang menyaring sebanyak 21 orang peserta dari puluhan yang melamar.


“Oleh karena itu, saya berharap para peserta pemagangan ini jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan, karena ditangan kalianlah masa depan konstruksi yang berkualitas   untuk membangun negeri ini,” tegasnya.


Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Dr. Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin SE, M.S i; Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara Ir. Brawijaya, S.E., M.Eng.I.E, MSCE, Ph.D; Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II Medan Mohammad Firman, S.T., M.T; Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara: Syafriel Tansier, S.T., M.T. Hadir pula dalam acara tersebut Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Munawar Alfansury Siregar, ST., MT beserta Wakil Dekan I Ade Faisal, ST., M.Sc, Ph.D; Dekan Fakutas Teknik Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.; Dekan Fakultas Teknik dan Komputer UniversitasHarapan Medan Abdul Jabbar Lubis, S.T, M.Kom dan Wakil Direktur I Bidang Akademik Politeknik Negeri Medan Dr Roslina MT. Perwakilan dari penyedia jasa PT Seneca Indonesia, PT Jo-MTJ-Daya KSO, PT Nindya Karya (Persero), PT Primbilo Permai, PT Citra Prasasti Konsorindo. (SC03)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait