Kementerian PUPR dan BPK Kerjasama Tingkatkan Pemahaman Bersama Tentang Teknologi Infrastruktur

Kementerian PUPR dan BPK Kerjasama Tingkatkan Pemahaman Bersama Tentang Teknologi Infrastruktur

556 179 Print

Bandung - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan kerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kantor Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan (BTPP), di Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Pertemuan tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman bersama antara kementerian dan auditor dalam pembangunan infrastruktur dan penerapan teknologi. 

Menteri Basuki menyampaikan  Kementerian PUPR telah memiliki sumber daya penelitian dan pengembangan yang sebelumnya dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Namun saat ini difokuskan untuk mendukung tugas dan fungsi Direkorat Bina Teknik yang berada di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Direktorat Jenderal Cipta Karya agar pemanfaatan hasil-hasil penelitan atau  teknologi menciptakan nilai tambah dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. 

"Saya selalu tekankan, dalam setiap program penelitian dan pengembangan teknologi yang dilakukan harus berdasarkan kebutuhan pasar. Penelitian yang dilakukan oleh kementerian itu adalah applied research atau penelitian terapan. Artinya market atau pasar dari hasil penelitian yang dilakukan oleh kementerian adalah unit organisasi di dalam kementerian tersebut atau direktorat jenderalnya," kata Menteri Basuki. 

Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI  IV Isma Yatun menyampaikan maksud kunjungan rombongan BPK di Kantor Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan adalah untuh sharing knowledge antara auditor BPK dengan peneliti atau perekayasa Kementerian PUPR. 

"Kami ingin melakukan pelatihan dari teman-teman di BPK dengan badan diklat, salah satunya Bina Teknik Permukiman dan Perumahan. Nantinya lanjut Bina Teknik Jalan dan Jembatan. Saya tidak ingin teman teman BPK punya keterbatasan standar dalam pengembangan teknogi infrastruktur. Harapannya Oktober 2021 sudah bisa mulai," turur Isma Yatun. 

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan melalui pembentukan Direktorat BTPP pada tahun 2020 diharapkan penjaminan terhadap mutu pekerjaan konstruksi dapat lebih optimal lagi dilaksanakan. Direktorat BTPP juga memiliki tugas untuk melaksanakan Advis Teknis, Bimbingan Teknis serta Penyusunan NSPK terkait lingkup Permukiman dan Perumahan. 

"Lingkup tugas lainnya adalah menyediakan data dan informasi permukiman yang lengkap yang mudah diakses oleh seluruh stakeholders sebagai manajeman dan sumber pengetahuan penyelenggaran infrastruktur permukiman," kata Diana Kusumastuti. 

Pada pertemuan tersebut juga turut hadir Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama Anita Firmanti, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto, dan Direktur BTPP Dian Irawati. (Tri)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait