
Penelitian Rancang Bangun Bangunan Peredam Bising Arteri Primer/Perkotaan
Pengarang
et all. - Agus Bari Sailendra - Lanalyawati - Riki Hendriana
Penerbit
Departemen Pekerjaan Umum
Tahun
1999
laporan ini menyajikan gambaran tingkat kebisingan pada daerah sekitar bangunan peredam bising (dengan plester atau tanpa plester) dan daerah terbuka. Analisis hubungan tingkat kebisingan dilakukan untuk melihat keberhasilan dari perlakuan khusus terhadap dinding peredam bising dengan memperhatikan kondisi lalu lintas jalan tol Jakarta - Cikampek. Hasil analisis terhadap perbedaan tingkat bising yang terukur antara dinding peredam dengan desain normal dan dinding dengan desain khusus menunjukan perbedaan yang cukup berarti yaitu mencapai 3 desibel. Reduksi bising rnenggunakan bata merah desain khusus mampu meredam sarnpai dengan 13,7 desibel sedangkan pada desain normal hanya mampu mencapai 0,3 desibel. Studi Pengembangan Rancang Bangun Bangunan Peredam Bising merupakan studi berkelanjutan dan studi ini masih akan diteruskan sesuai dengan program dan sasaran yang telah ditetapkan.
Masuk atau daftar untuk menulis komentar