
Laporan Penelitian Pengembangan Penentuan Nilasi Sisa Struktur Jembatan (Rangka Baja Australia)
Pengarang
Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan
Penerbit
Departemen Pekerjaan Umum
Tahun
1997
Penelitian dilakukan terhadap dua jembatan rangka baja Australia yang berada pada jalur lalu lintas yang padat dan berat untuk mengetahui akibat dari kondisi tersebut terhadap kekuatan struktur didalam memikul bebannya. Berbagai variasi berat dan pola pembebanan dilakukan dan regangan, lendutan serta getaran yang terjadi diukur dan dianalisa. Lendutan yang terjadi ditengah bentang sebesar 2 em menimbulkan tegangan lentur tarik yang cukup besar pada pelat lantai beton jembatan, pengulangan tegangan lentur ini dapat mengakibatkan retakan pada pelat lantai beton yang direncanakan secara menerus. Getaran yang diukur dengan Vibrocorder menunjukkan keadaan jemhatan yang kurang kaku, terutama apabila dilewati kendaraan dengan kecepatan yang lebih tinggi sejalan dengan naiknya pengaruh kejuL Tegangan maksimum yang terjadi akibat kendaraan berat sebesar 131 kglcm2 dengan LHR kendaraan berat yang ada sebesar 3.222 kendaraan, masih tidak menyebabkan kerusakan fatigue selama masa layan jembatan 50 tahun. Akan tetapi apabila LHR kendaraan berat meningkat menjadi diatas 6000 kendaraan, maka kerusakan fatigue menjadi sangat mungkin terjadi.
scan untuk baca online
Judul | Laporan Penelitian Pengembangan Penentuan Nilasi Sisa Struktur Jembatan (Rangka Baja Australia) |
Penulis | Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan |
Penerbit | Departemen Pekerjaan Umum |
Tahun Terbit | 1997 |
Lokasi Penerbitan | Bandung |
ISBN | — |
Kode Pustaka | PUSAT-709 |
Kode Panggil | — |
Kode Klasifikasi | NONE |
Bahasa | Indonesia |
Lokasi Simpan | Perpustakaan PUPR |
Kolasi | — |
Judul Seri | — |
Edisi | — |
Sumber | — |
Subyek | Jembatan, Laporan Penelitian, Jembatan Rangka Baja |
Masuk atau daftar untuk menulis komentar