Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Pendampingan Penyusunan DED Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional


Kamis, 26 November 2020, Dilihat 103 kali

Makassar, 26 November 2020 – Infrastruktur yang handal merupakan kunci dalam meningkatkan daya saing Indonesia. Dalam kurun waktu 8 tahun terakhir, peringkat daya saing infrastruktur Indonesia mengalami peningkatan dari posisi 82 pada Tahun 2010 menjadi 50 pada Tahun 2019 (sumber: Global Competitive Index). Ke depan diharapkan menjadi lebih baik lagi, yakni berada di posisi 40 pada akhir Tahun 2024 (sumber: Proyeksi Dirjen Pembiayaan Infrastruktur).


Peraturan Pemerintah No. 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum, mengamatkan bahwa penyelenggaraan SPAM terdiri dari pengembangan SPAM dan pengelolaan SPAM. Pengembangan SPAM terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana SPAM, sedangkan Pengelolaan SPAM terkait dengan kebermanfaatan sarana dan prasarananya. 


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi SDA dan Permukiman, menyelenggarakan Pelatihan Pendampingan Penyusunan DED Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional, yang dibuka oleh Kepala Pusbangkom SDA dan permukiman Ruhban Ruzziatno secara daring, Kamis (26/11).


Sebagaimana diketahui, kegiatan Accelerating Infrastructure Delivery Through Better Engineering Service Project (ESP) yang didanai melalui Loan ADB No. 3455-INO adalah salah satu upaya percepatan persiapan proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


Kegiatan ESP di Ditjen Cipta Karya dilaksanakan dalam rangka mendukung pencapaian pembangunan infrastruktur perumahan dan permukiman yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2014-2019 dan 2020-2024, melalui penyusunan dokumen FS, DED, AMDAL, dan LARP untuk mendukung implementasi pembangunan infrastruktur sektor air minum dan air limbah/sanitasi di Indonesia.


Pelaksanaan kegiatan ESP di Ditjen Cipta Karya dikoordinasikan oleh Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman, dilaksanakan oleh Direktorat Air Minum sebagai Project Implementation Unit (PIU) sektor air minum dan Direktorat Sanitasi sebagai PIU sektor air limbah.


Pelatihan Pendampingan Penyusunan DED SPAM Regional ditujukan khusus untuk Tim Teknis Pendamping PPC-ESP SPAM Regional dari pusat maupun daerah agar mampu mendampingi Konsultan PPC dalam penyusunan DED SPAM Regional. 


Pelatihan yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VIII Makassar, diikuti sebanyak 30 peserta. Pembelajaran dilaksanakan secara distance learning selama 15 (Lima Belas) hari, dari tanggal 26 November s/d 10 Desember 2020.