Slide 1

Berita BPSDM > Tingkatkan Kompetensi Bidang Manajemen Teknologi Informasi, BPSDM Telah Selesaikan Delapan Pelatihan


Rabu, 25 November 2020, Dilihat 77 kali

Jakarta, 25 November 2020 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen secara resmi telah menyelesaikan penyelenggaraan rangkaian Pelatihan dan Bimbingan Teknis Manajemen Bidang IT Di Lingkungan Kementerian PUPR, Selasa (24/11).

Pelatihan yang difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah III Jakarta ini telah dilaksanakan secara daring sejak 7 Oktober sampai dengan 24 November 2020, yang terdiri dari 8 (delapan) angkatan pelatihan, yakni: Bimbingan Teknis Manajemen Pelayanan Umum dan ICT; Pelatihan Data Science with Programming Python; Pelatihan Data Mining for Big Data Analythics; Pelatihan Modern Web Programming; Pelatihan CCNA (Cisco Certified Network Associate); Pelatihan Android Mobile Programming; Pelatihan iOS Mobile Programming; Pelatihan CCNP Enterprise. Dari 213 peserta yang mengikuti pelatihan, 97% dinyatakan lulus pelatihan.

Kepala Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah III Jakarta, Yunaldi dalam sambutan penutupan pelatihan mengatakan masuknya era revolusi industri 4.0 harus dihadapi dengan cara yang terintegrasi dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, ASN Kementerian PUPR khususnya para pemangku jabatan inti terkait bidang Sistem Informasi maupun Teknologi Informasi harus meningkatkan kompetensi berupa penguasaan teknologi informasi untuk dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Maka dalam rangka pengembangan kompetensi ASN Kementerian PUPR terkait digital policy 4.0 tersebut, khususnya dalam manajemen teknologi informasi pemerintahan di lingkungan Kementerian PUPR, BPSDM PUPR menjalin kerjasama pelatihan dengan Binus Center yang merupakan mitra strategis yang memiliki sertifikasi untuk melakukan pembinaan substansi teknis terkait teknologi informasi.

Yunaldi berharap dengan pelatihan dan bimbingan teknis bidang IT yang telah dilaksanakan ini dapat menghasilkan para Pejabat/Pelaksana IT yang makin kompeten dibidangnya.

Salah satu peserta pelatihan, Noordama dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR mengatakan kesulitan utama dalam mengikuti pelatihan secara daring ini adalah gangguan jaringan internet dan keterbatasan perangkat pendukung seperti komputer. Namun ia mengakui materi yang diajarkan pada pada pelatihan Manajemen Bidang IT ini dirasa cukup relevan untuk diimplementasikan sehingga dapat meningkatkan kompetensi dirinya di unit kerjanya. (Kompu BPSDM)