Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) untuk Tertibnya Penyelenggaraan Konstruksi


Rabu, 25 November 2020, Dilihat 57 kali

Banjarmasin, 25 November 2020 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia(BPSDM) Kementerian PUPR, melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen, menutup pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) yang diselenggarakan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VII Banjarmasin, Rabu (24/11).


Dalam sambutan penutupan pelatihan yang dilaksanakan secara virtual, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen, Moeh. Adam mengatakan, sebagaimana Undang-Undang no. 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, yang bertujuan dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi diantaranya memberikan arah pertumbuhan dan perkembangan Jasa Konstruksi untuk mewujudkan struktur usaha yang kukuh, andal, berdaya saing tinggi, dan hasil Jasa Konstruksi yang berkualitas.”


Adam pun menambahkan, “Selain itu penyelenggaraan Jasa Konstruksi pada UU tersebut mengamanahkan untuk mewujudkan ketertiban penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang menjamin kesetaraan kedudukan antara Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa dalam menjalankan hak dan kewajiban, serta meningkatkan kepatuhan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. Atas dasar hal tersebut, Pemerintah Pusat diberikan tanggung jawab atas penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang sesuai dengan standar keamanan, keselamatan, kesehatan, dan keberlanjutan.”


Adam berharap setelah mengikuti pelatihan ini, peserta bisa terus berupaya untuk mengembangkan kompetensi dan kinerja sesuai dengan standar kompetensi jabatan, serta bisa memberikan manfaat dalam rangka peningkatan kualitas ASN Kementerian PUPR.


Dari hasil rapat evaluasi peserta Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK), diperoleh hasil kelulusan sebanyak 27 peserta dan 3 peserta dinyatakan tidak lulus. Terdapat 3 peserta Pelatihan SMKK dengan nilai terbaik diraih oleh: Grace Lourenza Br Sembiring, S.E. (Direktorat Pengadaan Jasa Konstruksi), Ilham Sadiq, S.T. (Balai Wilayah Sungai Kalimantan II) dan Muhammad Perwira Rachman, S.T. (Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV).


Pelatihan SMKK dan Sertifikasi Ahli Muda K3 Konstruksi dilaksanakan secara Blended Learning pada tanggal 21 sd 25 September 2020 pada sesi E-Learning dan Sesi Klasikal serta sertifikasi dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 November 2020, diikuti oleh 30 peserta yang berasal Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sebanyak 14 peserta, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi sebanyak 13 peserta, Direktorat Jenderal Cipta Karya sebanyak 2 peserta dan Direktorat Jenderal Bina Marga sebanyak 1 Peserta


Kurikulum Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) sebanyak 54 Jam Pelajaran (JP), serta Tenaga Pengajar pada Pelatihan ini adalah Widyaiswara, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Terkait di Lingkungan Kementerian PUPR, dan Praktisi (Direktorat Pengembangan Jasa Konstruksi, LSPK3 Konstruksi).