Slide 1

Berita BPSDM > Penutupan Pelatihan Penyelenggaraan Perumahan Angkatan II 2020


Sabtu, 17 Oktober 2020, Dilihat 38 kali

Ilustrasi

Medan, 16 Oktober 2020 – Dalam rangka peningkatan standar kompetensi teknis dan umum bidang perumahan, BPSDM Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah telah melaksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Perumahan Angkatan II. Pelatihan yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan, telah meluluskan 25 peserta. Para peserta telah mengikuti pelatihan secara distance learning, dari tanggal 7 hingga 16 Oktober 2020. 

Acara penutupan pelatihan, dihadiri Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Tofik Khaerudin yang mewakil Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan dan Kepala Bidang Manajemen dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (JPW) Ero yang mewakili Kepala Pusbangkom Jalan, Perumahan, dan PIW Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR.  

 

Dalam sambutan di acara penutupan, Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Tofik Khaerudin menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan diklat awal yang masih bersifat dasar. Para peserta masih akan mengikuti pelatihan-pelatihan yang lebih spesifik sesuai dengan tugas dan fungsi di masa mendatang.

“Namun demikian, diklat dasar ini justru diklat yang sangat penting, karena dengan mengikuti diklat ini diharapkan adik-adik PNS Muda pengetahuannya bertambah. Di mana dalam penyelenggaraan ini tentunya akan mendapat informasi dan pelajaran terkait dengan bidang rumah swadaya, rumah khusus, dan rumah susun, termasuk pelajaran yang terkait dengan program yang ada di Ditjen Perumahan,” imbuhnya.

Tofik mengapresiasi keseriusan peserta dalam mengikuti pelatihan sampai akhir. “Tujuan saya di sini ingin memotivasi adik-adik sekalian, yang saya sampaikan pun atas dasar pengalaman pribadi. Banyak hal yang (dapat) saya contoh dari senior, contoh yang baik tentunya, dan itu berguna untuk menjaga supaya insan PUPR tetap solid dalam bekerja,” pungkasnya.

Pada acara yang sama, Kepala Bidang Manajemen dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (JPW) Ero dalam sambutannya berharap agar alumni pelatihan ini dapat memberikan kontribusi yang nyata di instansi asalnya, dengan mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

 

“Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang memungkinkan pelatihan ini dapat terselenggara, mulai dari penyiapan kurikulum, modul, dan materi hingga evaluasi oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW, pelaksanaan pelatihan oleh Balai Pengembangan kompetensi PUPR Wilayah I Medan, dan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh para pengajar yang terdiri dari Widyaiswara, Jafung, Praktisi dan Struktural,” pungkas Ero.

 

Sementara dari salah satu alumni pelatihan, Febriasyraf Charifa dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Direktorat Jenderal Perumahan menuturkan, “Masih banyak yang harus dipelajari mengenai penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman. Setidaknya, saya lebih paham bagaimana saya memposisikan diri saya di dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pemanfaatan.”

Ia juga menyampaikan tentang manfaat pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan untuk melaksanakan tugas di unit kerjanya.

“Saya merasa semua pengetahuan yang saya dapatkan selama pelatihan sangat bermanfaat, terutama mengenai pemantauan dan evaluasi. Saya yang ditugaskan di daerah harus paham bagaimana memantau proses pembangunan dan perkembangan pelaksanaan di lapangan dan mencari solusi ketika ada hambatan. Setelah itu, kami lakukan evaluasi agar kesalahan dan permasalahan yang sama tidak terulang di tahun anggaran yang akan datang,” tutup Febri.

Secara spesifik, pelatihan Penyelenggaraan Perumahan didesain untuk memenuhi 12 (dua belas) standar kompetensi teknis dan umum bidang perumahan yang mengacu pada standar kompetensi jabatan ASN Kementerian PUPR, sebagaimana telah ditetapkan pada Permen PUPR No. 7 tahun 2020.

(Kompu BPSDM PUPR)