Slide 1

Berita BPSDM > Penutupan Pelatihan O&P Irigasi Tingkat Juru


Kamis, 24 September 2020, Dilihat 46 kali

Bandar Lampung, 24 September 2020 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman telah melaksanakan Pelatihan Operasi Dan Pemeliharaan (O&P) Irigasi Tingkat Juru. Pelatihan yang difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah II Palembang, diikuti 31 ASN PUPR. Pelatihan ini berlangsung pada tanggal 16-24 September 2020 secara klasikal di Bandar Lampung.

Seperti diketahui bersama, pemerintah telah mencanangkan kedaulatan pangan dengan membangun satu juta hektar irigasi dan pemeliharaan sebesar tiga juta hektar jaringan irigasi. Peningkatan pembangunan dan pemeliharaan irigasi dilakukan untuk mendorong peningkatan produksi padi. 

Dalam sambutan penutupan pelatihan yang dilakukan melalui konferensi video, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman, Ruhban Ruzziyatno, mengatakan, “Untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan irigasi yang efisien dan efektif serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat petani, pengelolaan irigasi dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembagian air secara tepat waktu dan tepat jumlah.”

Ruhban juga menambahkan soal kendala yang kadang dihadapi di lapangan, “Adakalanya terdapat kesulitan dalam hal ketersediaan dan kebutuhan air yang tidak sesuai di lapangan, ketersediaan air yang tidak dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Hal tersebut menjadi tantangan dalam melayani penyediaan air untuk irigasi.”

Oleh karena itu, O&P jaringan irigasi merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar fungsi pelayanan irigasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk menunjang usaha-usaha sektor pertanian dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu penting, karena kinerja O&P sistem irigasi seringkali tidak berjalan dengan baik.

Dengan mengikuti pelatihan O&P Irigasi Tingkat Juru ini, para peserta diharapkan dapat menyegarkan kembali skill yang telah dimiliki dan menambah pengetahuan baru tentang O&P irigasi serta mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Menutup sambutannya, Ruhban menyampaikan kepada peserta bahwa pelatihan O&P Irigasi tingkat juru ini bisa menjadi bekal bagi mereka dalam memberikan karya bakti dan semakin memajukan irigasi di Indonesia.