Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Penyelenggaraan Perumahan untuk Tingkatkan Kinerja Bidang Perumahan


Selasa, 22 September 2020, Dilihat 90 kali

Makassar, 22 September 2020 – Sesuai amanat UU No. 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pasal 5 ayat (1) mengamatkan bahwa Negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang pembinaannya dilaksanakan oleh pemerintah. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat permasalahan-permasalahan dalam bidang penyelenggaraan perumahan, seperti: penyediaan lahan, keterjangkauan harga, penegakkan peraturan dll.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentu memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten agar bisa berkontribusi dalam mendukung terwujudnya penyelenggaraan perumahan yang baik dan benar. Salah satunya cara untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang perumahan adalah dengan melaksanakan pelatihan penyelenggaran perumahan.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementeria melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah menyelenggarakan Pelatihan Penyelenggaraan Perumahan Angkatan I pada tanggal 17 September hingga 2 Oktober 2020.

Pelatihan dilaksanakan secara bertahap. Pada tanggal 17 s.d. 21 September 2020 berupa pengarahan program, pre-test dan self learning. Lalu dilanjutkan dengan pembelajaran secara virtual pada tanggal 22 September s.d. 2 Oktober 2020.

Pelatihan yang difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VIII Makassar ini, diikuti 26 orang ASN dari Direktorat Jenderal Perumahan.

Dalam sambutan pada acara pembukaan melalui konferensi video, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Rezeki Paranginangin menyampaikan bahwa, pelatihan penyelenggaraan perumahan merupakan pelatihan dasar. Peserta akan diberikan pengetahuan dasar, tentang materi perumahan terutama kaitannya dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Mulai dari tugas dan fungsi organisasi hingga pedoman sifat level 1 bidang perumahan.

“Jadi anda nanti bisa memahami semua tugas dan fungsi, juga peraturan-peraturan di bidang perumahan, kemudian dengan ilmu yang sudah anda miliki, skill dan knowledge yang anda miliki. Tinggal mengintegrasikannya,” tegas Rezeki.

Para pengajar di pelatihan ini adalah Widyaiswara Kementerian PUPR dan praktisi di bidang perumahan. Pelatihan didesain agar peserta bisa memenuhi kompetensi bidang perumahan dan mampu menerapkan prinsip–prinsip penyelenggaraan perumahan yang mengacu pada standar kompetensi teknis dan umum bidang perumahan. Setelah pelatihan nanti, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari Direktorat Jenderal Perumahan.