Slide 1

Berita BPPSPAM > PDAM Kota Salatiga Rencanakan Tambah Cakupan Pelayanan Sampai 68,4 % di Tahun 2024


Jumat, 10 Juli 2020, Dilihat 167 kali

Direktur PDAM Kota Salatiga, Samino menargetkan pada tahun 2024 Cakupan Pelayanan PDAM akan bertambah sampai 68,4% sehingga dalam lima tahun ke depan jumlah Pelanggan PDAM menjadi 38.000 sambungan rumah (SR). Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar 5.000 SR dari jumlah pelanggan pada tahun 2020 yang berjumlah 33.347 SR.

“Dengan dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan terkait, kami optimis dapat menambah cakupan pelayanan sampai 68,4%,” kata Samino dalam acara Workshop Pembahasan Rencana Bisnis Kota Salatiga secara Video Conference, Kamis (09/07/20).

Anggota BPPSPAM Unsur Penyelenggara, HM.Limbong menyampaikan bahwa dalam merencanakan penambahan cakupan layanan, PDAM juga harus mencantumkan rencana air baku yang akan dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan suplai air minum kepada pelanggannya. Selain itu PDAM juga disarankan untuk mencari alternatif pembiayaan di luar APBN untuk melakukan pembangunan jaringan infrastruktur air minumnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Salatiga, Mustain menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Salatiga mendukung PDAM untuk terus menambah cakupan pelayanannya. Namun yang harus diperhatikan adalah menjaga tarif air minum tetap terjangkau oleh masyarakat.