Slide 1

Berita BPPSPAM > BPSPPAM Dukung PDAM Tirta Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir Terapkan Tarif FCR


Selasa, 30 Juni 2020, Dilihat 36 kali

Belum semua BUMD Air Minum menerapkan tarif FCR, dari 380 BUMD Air Minum yang dinilai kinerjanya oleh BPPSPAM Tahun 2019, masih terdapat 237 (63%) BUMD Air Minum belum menerapkan tarif FCR.

Kepala Bagian Dukungan Teknis, BPPSPAM Ir. Desrah, M.T menyampaikan bahwa dukungan BPPSPAM terhadap pencapaian 100% BUMD Air Minum sehat tahun 2024, maka kepada 6 BUMD Air Minum diberikan fasilitasi Penyusunan Pemenuhan Tarif FCR dan salah satunya adalah PDAM Tirta Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam pemenuhan tarif FCR ini, kami berharapkan Pemerintah Daerah dapat menyetujui Tarif FCR yang telah dianalisis berdasarkan kondisi keuangan BUMD Air Minum sehingga layak beroperasi dan tidak rugi secara terus menerus.

Pada awal kegiatan fasilitasi, BPPSPAM telah memberikan Motivasi kepada PDAM Tirta Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir, Rabu, (24/6/20) melalui video conference untuk membangun semangat seluruh jajaran BUMD Air Minum dalam memperbaiki kinerjanya.

PDAM Tirta Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir merupakan BUMD Air Minum berkinerja sakit dan memiliki tarif air pelanggan yang belum FCR sehingga didampingi oleh BPPSPAM agar tarifnya menjadi FCR. Tarif air minum diatur dalam Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum.

Tarif pemulihan biaya penuh atau FCR (Full Cost Recovery) merupakan tarif yang dikenakan kepada pelanggan masih dibawah harga pokok produksi. Namun belum semua BUMD Air Minum menerapkan sehingga belum dapat menutupi biaya produksi, hal ini menyebabkan BUMD Penyelenggara SPAM mengalami kerugian dan sulit untuk berkinerja sehat.



‚Äč