Slide 1

Berita Ditjen Sumber Daya Air > Dua Direktorat Baru di Ditjen SDA


Rabu, 24 Juni 2020, Dilihat 725 kali

Perkenalkan, dua unit kerja anyar di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, yaitu Direktorat Kepatuhan Intern dan Direktorat Bina Teknik.

Walaupun baru, dua unit kerja ini tidak bisa disebut anak bawang. Keduanya mengemban tugas dan fungsi strategis bagi pelaksanaan pengelolaan sumber daya air di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke depannya.

Direktorat Kepatuhan Intern mempunyai tugas melaksanakan penyusunan, kebijakan teknis kerangka kerja, pembinaan, pengendalian, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kepatuhan intern dan manajemen risiko di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

“Kementerian PUPR, termasuk Ditjen SDA bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi, itulah salah satu alasan lahirnya Direktorat Kepatuhan Intern ini,” jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Charisal Akdian Manu di Jakarta (23/6).

Sedangkan, Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pembinaan teknik sumber daya air.

Dengan adanya Direktorat Bina Teknik, rumusan teknik dapat lebih sejalan dengan para eksekutor dan ujung tombak di lapangan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses konstruksi di lapangan. “Balai-Balai dapat bergerak lebih cepat, karena sekarang tidak ada lagi batasan lintas unit organisasi,” jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Bergabungnya dua Direktorat ini diyakini akan memperkuat peran Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dalam pengelolaan sumber daya air di Nusantara.

Selamat bekerja, rekan-rekan Direktorat baru!



‚Äč