Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk Mewujudkan Tertib Administrasi Pelaksanaan Anggaran


Senin, 27 Januari 2020, Dilihat 124 kali

Jakarta (27/01) – Sebanyak 60 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 lulusan Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) mengikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional.

 

Kepala BPSDM PUPR, Lolly Martina Martief, dalam sambutannya mengatakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi di bidang keuangan guna meningkatkan kepatuhan terhadap perundang–undangan dan mewujudkan tertib administrasi pelaksanaan anggaran sesuai peraturan perundang–undangan yang berlaku. Selain itu pembekalan materi tentang keuangan tersebut juga sesuai dengan siklus APBN, mulai dari Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, sampai dengan Pelaporan Anggaran.

 

Dengan Pelatihan Pengelolaan Keuangan tersebut para peserta diharapkan dapat menepis isu-isu terkini tentang keuangan, seperti memperbaiki opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Selain itu, dapat memberikan bantuan di bagian satuan kerja (satker). 

 

Pelatihan Pengelolaan Keuangan yang diadakan di Kampus Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta pada 27 Januari-7 Februari 2020 tersebut merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS yang ditujukan untuk memperkuat kompetensi bidang keuangan. Hasil penilaian dari pelatihan ini memiliki bobot sebesar 20% dari keseluruhan nilai Latsar CPNS.

 

Pelatihan tersebut akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti Latsar (On Campus 1) pada 10 - 24 Februari, Habituasi di unit organisasi masing-masing pada 27 Februari s/d 9 April, dan Latsar (On Campus 2) pada 13 - 15 April. Kegiatan Latsar tersebut diselingi dengan kegiatan assesmen terhadap para CPNS yang akan dilaksanakan pada 25 - 26 Februari. Kegiatan Latsar tersebut selanjutnya diakhiri dengan Pelatihan Bela Negara yang akan dilaksanakan pada Juni 2020.

(Datin)



‚Äč