Slide 1

Berita Balitbang > 3D Printing : Era Baru Membangun Rumah


Kamis, 28 November 2019, Dilihat 119 kali

PT. PP (Persero) Tbk. menggandeng Balitbang PUPR bersama CyBe pada penerapan 3D printing

Jakarta - Konon katanya di masa depan, rumah tidak lagi dibangun, tetapi dicetak (print). Dan masa depan itu sedang terjadi saat ini! Dalam berbagai kesempatan, Plt. Kepala Balitbang Lukman Hakim juga terus mendorong inovasi teknologi infrastruktur untuk terus dikembangkan, terlebih di era 4.0 yang serba dinamis dan progresif ini. Dan kolaborasi merupakan suatu hal yang tak terelakkan lagi.

Menyambut era baru dalam membangun rumah menggunakan teknologi robotik, PT. PP (Persero) Tbk. menggandeng Balitbang PUPR bersama CyBe, sebuah perusahaan rintisan (start-up company) dari Belanda yang bergerak dalam pembuatan mesin 3D printer, untuk mengembangkan dan mengujicoba teknologi 3D printing dalam pembangunan rumah di Indonesia.

Pada lunch meeting yang dihadiri oleh Direktur Strategi Korporasi dan SDM PT. PP (Persero) Tbk. M. Aprindy, Kepala Subbidang Kajian Kebijakan Puslitbang KPT Adji Krisbandono, CEO CyBe Berry Hendricks, Tim BIM PUPR Galih Primanda Permana, serta beberapa staf PT. PP (Persero) Tbk. pada tanggal 25 November 2019 di Jakarta, disepakati untuk merealisasikan kolaborasi ini pada tahun 2020.

Balitbang PUPR berkomitmen untuk mendukung kolaborasi riset ini melalui riset dan pengembangan teknologi mortar sebagai bahan baku 3D printing, sekaligus melakukan pengujian prototype rumah hasil 3D printing tersebut (adj).



‚Äč