Slide 1

Berita BPPSPAM > Perbaiki Kinerja Pelayanan Air Minum Melalui Sistem Informasi Terintegrasi


Rabu, 20 November 2019, Dilihat 160 kali

BPPSPAM

Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo meminta BUMD Penyelenggara SPAM menerapkan sistem informasi yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian target SDGs pelayanan air minum aman tahun 2030. Bambang menyampaikan bahwa dengan memanfaatkan teknologi informasi, BUMD Penyelenggara SPAM dapat melakukan pengelolaan aset infrastruktur air minum sekaligus memonitoring kinerja sumber daya manusianya secara bersamaan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Sudah saatnya PDAM memanfaatkan IT untuk efektifitas pengelolaan air minum,”kata Bambang dalam acara Workshop Sosialisasi Aplikasi Work Order General PDAM dengan Pilot Project PDAM Kota Depok di Jakarta, Senin (18/11/19).

Untuk mempermudah BUMD Penyelenggara SPAM memanfaatkan sistem informasi dalam pengelolaan air minum, sejak tahun 2015 BPPSPAM telah mengembangkan tools sistem informasi berbentuk Aplikasi Manajemen Aset yang dapat memudahkan PDAM untuk melakukan inventaris dan pengeloaan aset air minumnya. Aplikasi tersebut juga telah dibagi pakaikan oleh BPPSPAM kepada 34 BUMD Penyelenggara SPAM.

Dalam rangka penyempurnaan aplikasi tersebut, pada tahun 2019 BPPSPAM juga mengembangkan Aplikasi Work Order General yang dapat diintegrasikan dengan sistem Aplikasi Manajemen Aset. Aplikasi Work Order General adalah aplikasi berbasis Web dan Android yang bertujuan untuk memberikan tugas atau pekerjaan (work order) kepada kepada petugas pelaksana BUMD Penyelenggara SPAM secara digital sehingga dapat termonitor dan terdokumentasi dengan baik.

“Dengan adanya data dokumentasi perbaikan infrastruktur air minum yang telah dilakukan SDMnya, BUMD Penyelenggara dapat melakukan monitoring asetnya secara lebih mudah. Sehingga pengambil keputusan dapat memanfaatkannya untuk melakukan perbaikan aset yang dapat berdampak pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat,”ujar Anggota BPPSPAM Unsur Profesi, Popy Indrawati Janto.

Dengan adanya peningkatan pelayanan BUMD Penyelenggara SPAM secara bertahap, secara otomatis dapat membantu Pemerintan menyediakan akses layanan air minum yang memenuhi prinsip kualitas, kuantitas, kontinuitas dan dapat dijangkau oleh masyarakat.