Slide 1

Berita BPSDM > Pengawasan Pembangunan Sarpras Sekolah dan Pasar Tingkatkan Pendidikan dan Perekonomian


Rabu, 13 November 2019, Dilihat 115 kali

Jakarta (13/11),  Sebanyak 36 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengikuti pelatihan Pengawasan Pelaksanaan Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar agar mampu memahami peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip dasar dalam pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pembangunan sarana prasarana pendidikan, olahraga, dan pasar.

Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar, Iwan Suprijanto, dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, menyatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah mengamanatkan kepada Kementerian PUPR untuk mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan guna mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik, serta meningkatkan fungsi pasar dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan, bangunan sekolah yang saat ini sedang dalam proses konstruksi sebanyak 1.936 unit, dimana 1.513 unit akan selesai di 2019 dan 423 unit akan selesai di 2020. Sementara untuk penanganan madrasah tercatat sebanyak 194 unit, dimana sebanyak 146 unit akan selesai di 2019 dan 48 unit akan selesai di 2020.

Paket pekerjaan fisik rehabilitasi/renovasi sekolah dan madrasah tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Untuk dapat meningkatkan kompetensi teknis dan pengalaman, khususnya berkaitan dengan pelaksanaan, evaluasi, dan monitoring di bidang infrastruktur bagi CPNS formasi 2018, maka dilakukan penugasan langsung ke lapangan. Selain itu penugasan tersebut dapat membantu PPK PS-POP dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan rehabilitasi/renovasi sekolah dan madrasah.

Kegiatan Pelatihan tersebut bertujuan agar para CPNS mampu memahami peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip dasar dalam pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pembangunan sarana prasarana pendidikan, olahraga dan pasar. 

Melalui pelatihan yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) selama 13-16 November 2019 dalam durasi 36 jam tersebut diharapkan para CPNS muda yang akan ditugaskan ke lapangan siap untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap rehabilitasi/renovasi sesuai dengan kaidah-kaidah teknis pembangunan bangunan gedung negara.