Berita Terkini
Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dorong Perubahan Pola Komunikasi Pelayanan PDAM
Kamis, 24 Oktober 2019, Dilihat 242 kali

Kepala Sekretariat Dr.Ing-Habil. Andreas Wibowo, ST.MT berharap sumber daya manusia (SDM) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memiliki tekad besar untuk melakukan perubahan pola komunikasi pelayanan teknis menjadi pelayanan informatif yang bermanfaat bagi masyarakat.
“Jangan hanya memberikan informasi yang sifatnya teknis semata, namun harus diolah sedemikian rupa sehingga menjadi informasi yang memiliki nilai pengetahuan dan bermanfaat bagi penerimanya,”kata Andreas dalam acara Workshop Strategi Komunikasi Publik Penyelenggaraan SPAM di Era Industri 4.0 di Semarang, Rabu (18/10/19).
Andreas menyampaikan sebagai badan publik, PDAM harus informasi kepada masyarakat secara cepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu sebagai ujung tombak pelayanan PDAM bagian hubungan masyarakat dan hubungan pelanggan harus mengubah mindset bekerja dari pelayanan teknis semata menjadi praktisi komunikasi publik yang kreatif, inovatif dan mengikuti perkembangan kebutuhan informasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini.
Selain itu Bagian Humas dan Hublang juga harus memahami alur bisnis proses penyelenggaraan SPAM secara keseluruhan sehingga dapat memilih dan mengolah informasi secara tepat dan menarik untuk diberikan kepada pelanggan, pemerintah, pemda dan stakeholdernya.
Dalam workshop ini, PDAM diberikan pelatihan mengenai Peningkatan Kinerja BUMD Penyelenggara SPAM Melalui Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi 4.0, Tata Cara Pembuatan Narasi Konten pada Media Komunikasi 4.0 dan Pengemasan Materi Publikasi Dalam Berbagai Paltform.
Beberapa narasumber yang hadir yaitu Anggota BPPSPAM Unsur Profesi, Ir. Popy Indrawati Janto,M.Sc; Advisory BPPSPAM, Ir. Aulawi Dzin Nun, M.Sc; Head of Coorporate of Secretary PT. Adya Tirta Batam, Maria Y. Jacobus dan Praktisi komunikasi dari RWE Bhinda Agency.
Share:
Berita Terkait

Harbak PU 73 Tahun : Menteri Basuki Ajak Insan PUPR Siap Bekerja Membangun Konektivitas.
Senin, 03 Desember 2018
Dalam peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (Harbak PU) ke-73, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), M. Basuki Hadimuljono mengajak pegawai Kementerian PUPR untuk siap bekerja kapan saja dan dimana saja membangun infrastruktur konektifitas untuk mempersatukan Indonesia. Baca Selengkapnya

Baru 46% Masyarakat Denpasar Terlayani PDAM
Kamis, 26 Oktober 2017
DENPASAR –Baru 46% masyarakat kota Denpasar yang mendapat layananan pasokan air baku dari Perusahaan Daerah Air Minum, sementara sisanya memanfaatkan air sumur untuk konsumsi sehari-hari.

BPP SPAM Dorong Semakin Banyak PDAM Sehat Untuk Capai Target 100% Akses Air Minum
Rabu, 28 Maret 2018
BPP SPAM Dorong Semakin Banyak PDAM Sehat Untuk Capai Target 100% Akses Air Minum

Kementerian PUPR Dukung Penuh SPAM Kota Bandar Lampung
Rabu, 14 Februari 2018
Dengan dibangunnya SPAM Kota Bandar Lampung diharapkan dapat melayani 300 ribu penduduk, demikian disampaikan oleh Walikota Bandar Lampung, Herman HN dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Proyek SPAM Kota Bandar Lampung. Herman juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan SPAM Bandar Lampung yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, PT.PII dan BPPSPAM.

Hingga 10 April 2018, Kementerian PUPR Salurkan KPR FLPP Rp 438 Miliar
Jumat, 20 April 2018
Hingga 10 April 2018, Kementerian PUPR Salurkan KPR FLPP Rp 438 Miliar

BPPSPAM Dukung PDAM Tirta Kepri Terapkan tarif FCR
Jumat, 19 Januari 2018
Belum diterapkannya tarif pemulihan biaya penuh/Full Cost Recovery (FCR) merupakan salah satu penyebab PDAM terus merugi, karena tarif yang berlaku tidak mampu menutup seluruh biaya operasi yang telah dikeluarkan PDAM. berdasarkan hasil penilaian kinerja PDAM yang telah dilakukan BPPSPAM bekerjasama dengan BPKP pada tahun 2017, dari 378 PDAM yang telah dievaluasi ada 115 PDAM (30%) telah menerapkan tarif FCR, sisanya 263 PDAM (70%) belum menerapkan tarif FCR termasuk PDAM Tirta Kepri.

BPPSPAM dan DPRD Dukung PDAM Mojokerto Tingkatkan Kinerja
Rabu, 31 Januari 2018
Dalam rangka mendukung peningkatan kinerja PDAM, Komisi II DPRD Kota Mojokerto, Jawa Timur melakukan kunjungan ke kantor Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) pada Senin (29/01/2018). Kunjungan diterima oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. M Aulwai Dzin Nun Msc didampingi oleh Advisor BPPSPAM, Ir. Budi Sutjahjo, MT dan Drs. Rifqi Basrie, MSi serta tim teknis dari Bagian Dukungan Teknis.

BPPSPAM Raih Penghargaan Penyerapan Anggaran SATKER Dengan Kinerja Baik
Rabu, 07 Februari 2018
Kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian Negara / Lembaga pada tahun 2017 benar-benar mendapat perhatian khusus dari Kementerian Keuangan sebagai langkah kongkret dalam mengatasi masalah pelaksanaan anggaran yang selalu terulang dari tahun ke tahun, yaitu antara lain penyerapan anggaran yang terkonsentrasi pada akhir tahun anggaran. Terdapat empat hal yang menjadi perhatian terkait kinerja penyerapan anggaran yaitu : Ketepatan atas perencanaan kegiatan, penyerapan dan capaian kinerja Ketepatan waktu penyelesaian tagihan Ketertiban penyampaian data kontrak Pengendalian pengelolaan Uang Persediaan (UP)/Tambahan Uang Persediaan (TUP).

BPPSPAM Dukung PDAM Tingkatkan Kinerja
Jumat, 09 Februari 2018
Dalam rangka peningkatan kinerja PDAM, PDAM Tanjung Pinang, PDAM Tanah Datar dan PDAM Jayapura melakukan kunjungan ke Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Jumat (9/02/2018).

Berkendara Motor, Presiden Jokowi Tinjau Padat Karya Tunai di Pelabuhan Ratu
Senin, 09 April 2018
Berkendara Motor, Presiden Jokowi Tinjau Padat Karya Tunai di Pelabuhan Ratu