Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dorong PDAM Manfaatkan Kemajuan IT Untuk Tingkatkan Kinerja


Selasa, 01 Oktober 2019, Dilihat 197 kali

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah mencapai era revolusi industri 4.0, dimana terjadi penggabungan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber dan pertukaran data informasi, serta Internet of Things (IoT). Harapannya Pemanfaatan teknologi 4.0 ini, data informasi dan komunikasi menjadi Cepat, Tepat, Efisien dan Efektif sehingga akan mewujudkan optimalisasi performa kinerja penyelenggara air minum seperti PDAM untuk dapat meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dalam rangka memfasilitasi PDAM untuk mengelolah asetnya secara efektif, Badan Peningkatan Penyelenggaraan sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) menyelenggarakan Workshop Sosialisasi Sistem Informasi Penyelenggaraan SPAM di Surabaya pada tanggal 25 – 27 September 2019 untuk membantu Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) dalam meningkatkan kinerjanya.

Acara dibuka oleh Anggota Unsur Profesi Ir Popy Indrawati Janto, Msc dan dihadiri oleh Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama Oscar R.H Siagian, Advisory BPPSPAM Ir. Budi Sutjahjo, serta para narasumber dari PDAM Surabaya, PDAM Kota Bandung dan PDAM Kota Malang.

BPPSPAM telah memfasilitasi PDAM dengan membuat beberapa aplikasi yang dapat membantu dan mengelolah data untuk meningkatkan kinerjanya yaitu Aplikasi Manajemen Aset, Aplikasi Pojok Konsultasi, Aplikasi Game Interaktif dan Aplikasi Penilaian Kinerja PDAM, namun yang saat ini diminati adalah Aplikasi Manajemen Aset
“ada 33 PDAM yang sudah BPPSPAM fasilitasi 14 PDAM di Tahun 2018 & 19 PDAM di Tahun 2019 “ ujar Popy.

Lebih lanjut disampaikan Manajemen aset sangat penting di aplikasikan pada Perusahaan Daerah Air Minum, sehingga PDAM akan mampu mengelola aset dengan semakin effisien dan meningkatkan kinerjanya pada workshop ini dihadiri oleh 20 peserta PDAM dari seluruh Indonesia.

Dalam Workshop Sosialisasi Sistem Informasi Pengelolaan SPAM PDAM peserta akan dikenalkan pengelolaan manajemen aset, aplikasi manajemen aset serta alur proses bisnis sistem informasi penyelenggaraan SPAM, serta lesson learn teknologi informasi yang diterapkan di beberapa PDAM yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kab Bandung.