Slide 1

Berita BPSDM > Aktualisasi CPNS Mampu Lahirkan Gagasan–Gagasan Kreatif


Jumat, 27 September 2019, Dilihat 36 kali

Sekretaris BPSDM, K.M. Arsyad saat menjadi penguji Seminar Rancangan Aktualisasi CPNS Batch II di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah III Jakarta

Jakarta (27/9) – Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) K.M. Arsyad, menjadi salah satu penguji Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Seminar Pelaksanaan Aktualisasi Pelatihan Dasar Batch II di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, Jumat (27/9).


Seminar mengenai Pelaksanaan Aktualisasi Pelatihan Dasar tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut Rancangan Aktualisasi Pelatihan Dasar yang telah dilakukan seminar pada periode sebelumnya. Hasil seminar Pelaksanaan Aktualisasi Pelatihan Dasar merupakan hasil dari masa habituasi. Habituasi memfasilitasi peserta untuk melakukan proses aktualisasi dengan membiasakan diri terhadap kompetensi yang telah diperolehnya melalui berbagai mata pelatihan yang telah dipelajari. Peserta dibekali dengan konsepsi dan tahap aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di unit kerja, dan penyajian hasil aktualisasi di tempat kerja dengan menyajikan berbagai bukti belajar yang relevan. Seminar Pelaksanaan Aktualisasi melahirkan gagasan-gagasan kreatif untuk menyikapi isu-isu yang ada di unit kerjanya.


Pelaksanaan aktualisasi itu sendiri berisi tentang gagasan pemecahan masalah terhadap core isu yang telah ditetapkan melalui serangkaian kegiatan yang akan dilakukan peserta di unit kerjanya. Adapun penetapan isu didasarkan pada materi Agenda III, yaitu Manajemen ASN, Pelayanan Publik, atau Whole of Government (WoG) sedangkan kegiatan untuk pemecahan isu direlevansikan dengan materi Agenda II, yaitu nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen mutu, dan Anti korupsi (ANEKA).


Pada seminar pelaksanaan aktualisasi hari ini, selain peserta Latsar yang melaksanakan pelatihan di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, juga turut diikuti oleh peserta yang melaksanakan Latsar di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah IV Bandung, Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah V Yogyakarta dan Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VI Surabaya. (Datin)