Slide 1

Berita BPSDM > Rancangan Aktualisasi CPNS Diharapkan Mampu Lahirkan Gagasan–Gagasan Kreatif


Senin, 16 September 2019, Dilihat 7 kali

Kepala BPSDM PUPR, Lolly Martina Martief saat menguji pada Seminar Rancangan Aktualisasi CPNS

Jakarta (16/9) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR), Lolly Martina Martief dan Sekretaris BPSDM PUPR, K.M. Arsyad, menguji Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Seminar I Rancangan Aktualisasi Pelatihan Dasar Batch IV di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah III Jakarta, Senin (16/9).

Seminar mengenai Rancangan Aktualisasi Pelatihan Dasar tersebut dilaksanakan sebelum para peserta memasuki masa habituasi di unit kerja masing-masing. Diharapkan dalam seminar itu para peserta mampu melahirkan gagasan-gagasan kreatif untuk menyikapi isu-isu yang ada di unit kerjanya.

Lolly berpesan, para peserta memperdalam rancangan aktualisasi sesuai dengan arahan dan masukan mentor, sehingga bisa mendapatkan nilai yang baik. Selain itu para peserta juga diharapkan mampu menunjukkan keterkaitan rancangan aktualisasi dengan nilai-nilai dasar PNS serta kedudukan dan peran CPNS dalam NKRI.

Habituasi memfasilitasi peserta untuk melakukan proses aktualisasi dengan membiasakan diri terhadap kompetensi yang telah diperolehnya melalui berbagai mata pelatihan yang telah dipelajari. Peserta dibekali dengan konsepsi dan tahap aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di unit kerja dan penyajian hasil aktualisasi di tempat kerja dengan menyajikan berbagai bukti belajar yang relevan.

Setelah masa habituasi para peserta akan kembali memaparkan dan menyajikan rancangan aktualisasi yang telah disusun di depan penguji untuk dinilai kelayakanya. Rancangan aktualisasi itu sendiri berisi tentang identifikasi isu dan gagasan pemecahan masalahnya melalui serangkaian kegiatan yang akan dilakukan peserta di unit kerjanya. Penetapan isu didasarkan pada materi Agenda III, yaitu Manajemen ASN, Pelayanan Publik, atau Whole of Government (WoG). Sedangkan kegiatan untuk pemecahan isu direlevansikan dengan materi Agenda II, yaitu nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen mutu, dan Anti korupsi).

Selain di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah III Jakarta, Seminar Rancangan Aktualisasi ini juga dilaksanakan serentak di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah IV Bandung, Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah V Yogyakarta dan Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VI Surabaya.(Datin)