Slide 1

Berita Balitbang > Pengenalan Kelitbangan Batch Pertama Bagi CPNS 2018


Selasa, 10 September 2019, Dilihat 100 kali

Bandung – Badan Penelitian dan Pembengangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melaksanakan kegiatan pengenalan kelitbangan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 yang berlokasi di Puslitbang Jalan dan Jembatan Bandung, Senin, (9/9/2019), yang pada tahun sebelumnya juga telah dilaksanakann dan diikuti oleh CPNS 2017.

Plt. Kepala Badan Litbang, Lukam Hakim menyampaikan kepada pada CPNS yang akan melaksanakan kegiatan pengenalan kelitbangan, bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan CPNS yang diprogramkan polen LAN dan Kementerian yaitu pertama Bela Negara, kedua Pelatihan Dasar CPNS yang dilaksanakan di Balai Diklat selama 16 hari dan yang ketiga Habituasi CPNS yang akan dilaksanakan di Unor selama 30 hari, dan juga kegitan Pengenalan Kelitbangan yang akan dilakukan selama 30 hari sesuai dengan arahan Bapak Menteri PUPR.
Lukam menymapaikan juga bahwa tujuan ketiatan ini adalah untuk mendapatkan basic engineering secara teori dan praktik untuk mengetahui kualitas/mutu produk teknologi yang dihasilkan dan mengetahui kualitas/mutu konstruksi di lapangan.

“Dengan kegiatan Pengenalan Kelitbangan ini diharapkan dapat mengupgrade knowledge, skill, maupun attitude Adik-adik CPNS, bukan hanya sebagai orang yang bekerja di Kementerian PUPR akan tetapi menjadi “Orang PUPR” yang unggul dan bermartabat”, ungkap Lukman.

Lukam Hakim juga berarap kepada peserta agar dengan adanya kegiatan pengenalan kelitbangan ini, para CPNS mendapatkan tambahan bekal dalam mengerjakan tugas sehari-hari di tempat kerjanya masing-masing nantinya, selain itu diharapkan para CPNS mendapatkan inspirasi agar selalu berinovasi dalam bekerja sehingga menghasilkan teknologi/sistem yang lebih efektif dan efisien guna memberikan kontribusi pencapaian tugas Kementerian PUPR dalam percepatan pembangunan infrastruktur PUPR.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Badan Litbang Herry Vaza selaku ketua penyelenggara kegiatan pengenalan kelitbangan menyampaikan juga kepada para CPNS dan pejabat serta tamu undangan, bahwa ini akan diselenggarakan selama 30 hari yang terdiri dari terori 30 persen, praktek di lapangan dan kunjungan kerja lapangan ke lokasi pembangunan dengan bobot 70 persen.

“Batch I akan dimulai dari tanggal 9 september sampai dengan 12 oktober 2019 dan akan diikuti oleh peserta sebanyak 258 orang dari total 990 peserta yang terdiri dari 72 CPNS Teknik Pengairan, di Puslitbang Sumber Daya Air, 69 CPNS Teknik Jalan dan Jembatan, di Puslitbang Jalan dan Jembatan, 27 CPNS Teknik Tata Bangunan dan Perumahan di Puslitbang Perumahan dan Permukiman, 39 CPNS Analis Kebijakan, 14 CPNS Surveyor Pemetaan, 24 CPNS Pembina Jasa Konstruksi di Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi dan 13 CPNS Peneliti yang disebar di masing-masing Pusat Litbang”, Ungkap Herry Vaza saat membacakan laporan ketua penyelenggara.

Pembukaan Pengenalan Kelitbangan di hadiri oleh Para Kepala Pusat Litbang, Pejabat dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR, Kepala Bagian Kepegawaian Kementerian PUPR.



‚Äč