Slide 1

Berita PUPR > Ajak Masyarakat Menjaga Lingkungan, BWS Sumatera V dan Polda Sumbar Gelar Festival Danau Cimpago


Selasa, 10 September 2019, Dilihat 129 kali

Padang – Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Ke-67, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama seluruh stake holder di Provinsi Sumatera Barat seperti Polda, Pemda, BUMN, komunitas peduli sungai, swasta, dan masyarakat menyelenggarakan Festival Danau Cimpago pada 5-6 September 2019.

“Tujuan diadakannya Festival Danau Cimpago ini adalah sebagai bentuk  upaya Kementerian PUPR melalui BWS Sumatera V untuk memupuk rasa cinta kebersihan kepada masyarakat, sekaligus mensiarkan kebudayaan masyarakat melalui peragaan berbagai macam kekhasan budaya di Sumatera Barat, melestarikan kebudayaan Minangkabau, dan memberikan hiburan yang sehat bagi masyarakat di Kawasan Danau Cimpago. Ini sekaligus memperkenalkan Danau Cimpago sebagai alternatif destinasi wisata keluarga yang baru di Kota Padang,” kata Kepala BWS Sumatera V Maryadi.

Selain membangun sistem pengendali banjir sebagai fungsi utama Danau Cimpago, BWS Sumatera V juga membangun ruang terbuka publik seperti taman edukasi bencana, fasilitas arena bermain anak, serta Lapau Panjang Cimpago. Kawasan Danau Cimpago dapat dijadikan alternatif baru wisata air di Kota Padang.

“Hari ini kita dapat menikmati keindahan Danau Cimpago bukan hanya sebagai bangunan pengendali banjir, tetapi juga spot wisata dan arena berkumpul yang ramah anak yang bernilai edukatif,” ujar Kepala Dinas PSDA Pemprov Sumbar Rifda Suryani.

Serangkaian acara digelar selama 2 hari untuk memeriahkan Festival Danau Cimpago diantaranya penanaman pohon dan susur danau, penyerahan Green Garden Hidroponik, Senam Tobello oleh Ibu-Ibu Bhayangkari, pameran dan wisata kuliner, lomba memeriahkan HUT RI, hiburan oleh sejumlah artis dari Minangkabau hingga pembagian doorprize. 

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengapresiasi penataan Danau Cimpago yang dilakukan BWS Sumatera V. “Dulunya, Danau Cimpago ini kotor airnya dan berbau sehingga masyarakat enggan main ke sini, tapi lihat sendiri sekarang kita bahkan bisa mengadakan event besar di sini. Kita terima kasih dan mengapresiasi BWS Sumatera V yang telah menggagasnya” tutur Fakhrizal. (*)



‚Äč