Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dukung Pemda DIY Percepat Pembangunan SPAM Kamijoro


Rabu, 21 Agustus 2019, Dilihat 273 kali

Ketua Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Bambang Sudiatmo berkomitmen dukung Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY)  untuk mempercepat pembangunan berharap Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kamijoro. 

"BPPSPAM berkomitmen memfasilitasi PDAM Kulon Progo dan PDAM Bantul dalam mereview bussiness plan untuk memastikan penyerapan air curah hasil kerjasama dapat terdistribusi ke masyarakat," kata Bambang dalam acara Seremonial Pelaksanaan Penyiapan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional Kamijoro di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (21/08/19).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR)  juga memberikan dukungan fisik dalam bentuk pembangunan Intake dan Bendung Kamijoro. Bambang berharap dukungan yang diberikan oleh BPPSPAM dan Kementerian PUPR dapat dimanfaatkan Pemda DIY untuk memberikan pelayanan air minum bagi masyarakat.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap SPAM Regional Kamijoro nantinya bisa memenuhi sebagian kebutuhan air minum Pemda DIY pada tahun 2025 yang diperkirakan mencapai 25.000 sampai 27.000 liter/detik karena jumlah penduduk DIY saat itu diperkirakan mencapai 4 juta jiwa .“SPAM Kamijoro saya harapkan bisa memberikan fasilitas air untuk masyarakat di Kabupaten Bantul, Kulon Progo serta Yogyakarta Internasional Airport,” ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X

Pelayanan ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota sehingga diperlukan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan serta sinergitas dalam pengembangan proyek tersebut. Untuk mewujudkan sinergitas tersebut, Gubernur DIY menandatangani Memo of Understanding (MoU) dengan Bupati Bantul, Suharsono dan Bupati Kulon Progo, Sutedjo yang berisi Dukungan Penyelenggaraan SPAM Regional Kamijoro.

Selain itu , Gubernur DIY juga menandatangani perjanjian induk tentang Penyediaan Fasilitas Penyiapan Proyek dan Pendampingan Transaksi bersama dengan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko, Kementerian Keuangan, Luki Alfirman dan penandatanganan MoU antara Kemenkeu dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur, Erwin Syahruzad terkait Perjanjian Penugasan Khusus untuk melaksanakan Fasilitasi Penyiapan Proyek dan Pendampingan Transaksi.

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan untuk mewujudkan sinergi dalam penyelenggaraan SPAM Regional Kamijoro dan mempercepat penyelenggaraan pembangunan SPAM Kamijoro dalam menyediakan air minum untuk masyarakat. Sri Sultan yakin, dengan ketersediaan air bersih bagi masyarakat, akan dapat menaikan taraf ekonomi dan kesehatan masyarakat. Mengingat investasi Sumber Daya Air membutuhkan investasi yang tidak murah, Gubernur DIY menghimbau Pemkab dan Pemkot untuk bisa melakukan pengelolaan air dengan efektif dan efisien. (el/NAg