Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan MKJI Luar Kota Untuk Meningkatkan Optimalisasi Pelayanan Jalan


Rabu, 14 Agustus 2019, Dilihat 120 kali

Ilustrasi

Medan (14/08) - Sumber Daya Manusia (SDM) survey yang memahami Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) sangat penting dan vital didalam proses pengambilan keputusan manajemen jalan, manajemen lalu lintas, ataupun pengambilan keputusan prioritasi pengembangan jalan, sehingga SDM ASN yang terkait dengan Survey Kapasitas Jalan mengemban tugas yang sangat berat didalam pencapaian infrastruktur jalan dan jembatan yang handal dan berkualitas.

Berkaitan dengan itu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah I Medan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga, melakukan pembinaan SDM aparatur sipil negara (ASN) bidang jalan dan jembatan, di antaranya melalui penyelenggaraan Pelatihan Manual Kapasitas Jalan Luar Kota yang dibuka oleh Kepala Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah I Medan, Belanto Hadiwido mewakili Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah di Medan, Selasa (13/08).

Seperti diketahui, Program Strategis Bina Marga 2015–2019, adalah pembangunan 1.000 km jalan bebas hambatan, 2.700 km jalan arteri, pembangunan 2.350 km jalan nasional baru, rehabilitasi 19 km jembatan, pembangunan 11,4 km jembatan, pembangunan 26 km flyover dan under pass, serta perlintasan tak sebidang.

Keberhasilan pencapaian Renstra Bina Marga dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tersebut harus tidak saja secara fisik-teknis atau hanya sekedar terbangun 1.000 km dst, namun juga harus diikuti dengan terpenuhinya fungsi/manfaat dan keselamatannya, yang bisa diukur dengan Survey Kapasitas Infrastruktur Jalan melalui MKJI secara akurat dan tepat yang tujuannya agar tingkat pelayanan jalan bisa optimal.

Disamping itu fungsi kajian kapasitas jalan luar kota melalui MKJI tersebut juga bertujuan untuk menyediakan landasan ilmiah berupa laporan hasil kajian kapasitas jalan melalui prosedur/manual/metode yang legal dan disepakati bersama sebagai dasar pijakan untuk pengambilan keputusan didalam manajemen jalan luar kota dalam rangka pengelolaan tingkat pelayanan jalan, termasuk manajemen lalu lintas, dan alasan teknis dalam prioritasi pengembangan jalan luar-kota, termasuk didalamnya rekomendasi untuk pelebaran jalan yang berkeselamatan untuk mendukung konektifitas antar-wilayah yang berkaitan dengan kebangkitan distribusi barang dan jasa serta pertumbuhan perekonomian suatu wilayah ataupun kawasan sesuai dengan fungsi ekonomi jaringan jalan.

Pelatihan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Luar Kota berlangsung dari tanggal 13 s/d 22 Agustus 2019, dengan diikuti 34 peserta dari pusat dan daerah yang bertugas di bidang jalan dan jembatan di lingkungan Kementerian PUPR.

Pelatihan tersebut mencakup pembelajaran tentang Konsep dasar lalu lintas dan kapasitas jalan, lingkup dan batasan penggunaan MKJ, karakteristik jalan luar kota, analisis jalan bebas hambatan, analisis jalan luar kota, analisis fasilitas lain, aplikasi MKJI dalam analisis lalu lintas, perencanaan dan perancangan jalan, perencanaan survei, survei lapangan dan pengolahan data dan penyusunan kegiatan analisis kapasitas. Dalam kaitan itu para peserta akan dibekali dengan kemampuan untuk menganalisis dan merencanakan kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan jalan baru atau peningkatan kapasitas jalan lama berdasarkan MKJI. Kemampuan tersebut diharapkan akan membantu ASN dalam menjalankan perannya dalam merancang, membangun dan mengevaluasi sistem jalan luar kota. (Balai I)