Slide 1

Berita BPSDM > PISK Yang Profesional dan Berintergritas Penentu Tercapainya Renstra PUPR


Selasa, 13 Agustus 2019, Dilihat 41 kali

Medan (13/8), Peranan Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK) sangat vital dan penting sebagai motor penggerak pencapaian Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) khususnya di Bidang Sumber Daya Air (SDA). Dalam kaitan itu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) mengadakan Pelatihan Pejabat Inti Satuan Kerja Bidang SDA di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah I Medan.

Kepala Pusdiklat SDA dan Konstruksi, Yudha Mediawan, dalam pembukaan pelatihan, Selasa (13/8) megatakan, bahwa pelatihan PISK bidang SDA dengan pola baru tersebut akan menitikberatkan pada peningkatan kemampuan leadership, manajerial dan penguasaan teknis bubstantif, serta penguasaan supervisi para PISK yang diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan pencapaian Renstra Kementerian PUPR yang telah ditetapkan.

Para PISK harus bisa memimpin jalannya suatu kegiatan atau proyek, baik kegiatan yang bersifat swakelola maupun kontraktual, sehingga kegiatan atau proyek tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Penguasaan tentang monitoring proyek, kemampuan administrasi keuangan atau akuntansi, pengetahuan manajemen aset, pemahaman Sistem Manajemen Mutu, serta SMK3 dan Lingkungan, serta kemampuan sosiokultural dalam mengelola lingkungan kerja juga sangat diperlukan bagi para PISK. Dengan demikian pelatihan PISK Bidang SDA pola baru tersebut dapat mendorong tersedianya PISK yang profesional dan berintegritas, sehingga pembangunan infrastruktur SDA yang handal dan berkualitas bisa tercapai.

Seperti diketahui, Program Strategis Bidang SDA 2015–2019, adalah terbangunnya 65 waduk baru, terciptanya 1 juta ha jaringan irigasi baru, dan rehabilitasi 3 juta ha jaringan irigasi eksisting. Untuk itu semua sangat dibutuhkan SDM aparatur yang profesional dan berintegritas. Program-program strategis tersebut akan dapat tercapai jika salah satu komponennya, yakni SDM ASN Pejabat Inti Satuan Kerja yang profesional dan berintergritas, tersedia. 

Pelatihan yang berlangsung pada 13 Agustus - 4 September 2019 tersebut diikuti oleh 28 PISK dari Direktorat Wilayah Sungai dan Pantai serta dari Balai Besar Wilayah Sungai di beberapa kota di Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.



‚Äč