Slide 1

Berita BPSDM > Pelaksanaan Anggaran yang Tepat Sasaran Dukung Keberhasilan Pembagunan Infrastruktur


Selasa, 13 Agustus 2019, Dilihat 40 kali

Makassar (13/8), Untuk mendukung pelaksanaan anggaran yang tepat sasaran, bermanfaat, dan berkelanjutan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) mengadakan Pelatihan Perencanaan Anggaran TA 2019 di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VIII, Makassar, Selasa (13/8).

Sambutan Kepala Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional yang dibacakan oleh Kepala Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VIII Makassar, Nugroho Wuritomo, menyebutkan tujuan dari diselenggarakannya Pelatihan Perencanaan Anggaran TA 2019, adalah untuk menyusun dokumen perencanaan penganggaran sesuai peraturan yang berlaku melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para staf yang terlibat dalam penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran.

Upaya pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, tidak bisa dipisahkan dari peran strategis pengelolaan anggaran, mulai dari perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaannya. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional ditekankan penerapan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, pendekatan Money Follows Program (sebelumnya Money Follows Function) dan penerapan pendekatan THIS (tematik, holistik, integratif, dan spasial) sehingga diharapkan perencanaan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan itu perencanaan anggaran yang efektif dan efisien tidak hanya untuk mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK, namun juga mendukung pelaksanaan anggaran yang tepat sasaran, bermanfaat, dan berkelanjutan, sehingga hasil-hasil pembangunan infrastruktur dapat dinikmati secara lebih cepat dan merata oleh masyarakat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. 

Pelatihan yang dilaksanakan selama emat hari (13-16 Agustus) tersebut diharapkan bisa meningkatkan kompetensi peserta dalam perencanaan anggaran di unit kerjanya.



‚Äč