Slide 1

Berita BPPSPAM > Menteri PUPR Dukung Perkuatan Lembaga BPPSPAM


Kamis, 18 Juli 2019, Dilihat 406 kali

Menteri Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono akan melakukan perkuatan kelembagaan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum untuk mempercepat pencapaian akses air minum 100 %.

Basuki menyampaikan bahwa salah satu hambatan pencapaian akses air minum 100 % disebabkan oleh kondisi kinerja Perusahaan Daerah Air Minum sebagai penyelenggara air minum yang belum optimal sehingga belum dapat memanfaatkan infrastruktur yang telah dibangun Pemerintah Pusat untuk memberikan pelayanan air minum kepada masayarakat. 

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah lembaga khusus yang dapat membantu meningkatkan kinerja PDAM melalui kebijakan-kebijakan yang dapat mendukung terwujudnya pelayanan air minum yang memenuhi prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Mengingat Kementerian PUPR sudah memiliki BPPSPAM sebagai lembaga yang bertugas meningkatkan kinerja BUMN/BUMD penyelenggara SPAM, maka Menteri Basuki akan memperkuat kelembagaan BPPSPAM dengan menambah tugas dan fungsi yang telah ada.

”Saya berharap pada akhir tahun 2019, proses perkuatan lembaga BPPSPAM dapat segera selesai sehingga target akses air minum dapat segera tercapai,”kata Menteri Basuki dalam kunjungannya ke kantor BPPSPAM, Rabu (17/07/19). 

Dalam kunjungannya Menteri Basuki didampingi oleh Sekjen Kementerian PUPR, Anita Firmanti dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR , Danis Sumadilaga.

Kunjungan diterima oleh Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo didampingi oleh Anggota BPPSPAM unsur Penyelenggara, HM Limbong dan Kepala Sekretariat BPPSPAM, Muhammad Sundoro. 

Menteri Basuki juga meminta Ketua dan Anggota BPPSPAM untuk melakukan kajian perkuatan secara seksama sehingga tusi tambahan yang akan diberikan tidak tumpang tindih dengan lembaga lain.

Salah satu rencana tugas tambahan yang akan diberikan kepada BPPSPAM antara lain melakukan persiapan dan perencanaan proyek sistem penyediaan air minum dan melakukan pengawasan terhadap BUMN/BUMD dalam menyelenggarakan SPAM.



‚Äč