Slide 1

Berita BPSDM > Pembangunan Rusunawa Dapat Perbaiki Taraf Hidup MBR


Selasa, 09 Juli 2019, Dilihat 59 kali

Rumah Susun Sewa Tembok Rejo (Dok. Kementerian PUPR)

Medan (09/07) - Pembangunan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memperbaiki taraf kehidupan dalam hal pemukiman serta mampu mendekatkan kembali masyarakat tersebut dengan pusat aktivitas kesehariannya, selain juga mampu mencegah tumbuhnya kawasan kumuh di perkotaan, meningkatan efisiensi penggunaan tanah sesuai peruntukan dan tata ruang, serta meningkatkan daya tampung, mobilitas, produktivitas, dan daya saing kota.

Paparan di atas disampaikan oleh Selamat Rasidi, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional II Medan saat membuka Pelatihan Perencanaan Laik Fungsi Jalan dan Pelatihan Penyediaan Perumahan di Balai Pendidikan dan Pelatihan PUPR Wilayah I Medan, Senin (08/07).

Untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi MBR di perkotaan itu pemerintah membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Diharapkan program pemerintah tersebut bisa mengatasi permasalahan perkotaan yang semakin kompleks dengan bertambahnya laju urbanisasi yang mencapai 4,4 % per tahun, sehingga membuat kebutuhan perumahan di perkotaan semakin meningkat, sedangkan ketersediaan lahan semakin langka. Hal yang menyebabkan semakin mahalnya harga lahan, sehingga mendorong MBR tinggal di pinggiran kota yang jauh dari tempat kerja.

Kondisi tersebut menyebabkan meningkatnya biaya transportasi, waktu tempuh, dan pada akhirnya akan menurunkan mobilitas dan produktivitas masyarakat. Disisi lain sebagian masyarakat tinggal di kawasan yang tidak jauh dari pusat aktivitas ekonomi, sehingga menyebabkan ketidakteraturan tata ruang kota yang memicu kekumuhan.

Pembangunan Rusunawa bagi masyarakat berpenghasilan rendah tersebut juga sebagai jawaban atas tantangan besar dalam menghadapi VISIUM Kementerian PUPR 2030, yang salah satunya, adalah pemenuhan Hunian Cerdas (Smart Living). (Tts)