Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dorong PDAM Kabupaten Maluku Tenggara Berikan Layanan Air Minum K3


Senin, 08 Juli 2019, Dilihat 366 kali

Ketua Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Bambang Sudiatmo meminta kepada Direktur Utama PDAM Kabupaten Maluku Tenggara untuk memberikan pelayanan air minum yang memenuhi prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas kepada masayarakat.

“Secara umum ada dua penyebab pelanggan PDAM tidak mau membayar tagihan yaitu karena PDAM belum memberikan pelayan air minum yang memenuhi prinsip K3 secara optimal atau pelanggan kesulitan menemukan loket pembayaran PDAM”kata Bambang dalam acara penyampaian dokumen RT3 PDAM Kabupaten Maluku Tenggara di kantor  PDAM, Jumat (05/07/19). Hadir dalam acara tersebut Direktur PDAM Kabupaten Maluku Tenggara Bersama staf dan Kasubag Evaluasi dan peningkatan Kinerja PDAM BPPSPAM, Farid Baknur.

Untuk memberikan layanan K3, PDAM dapat meningkatkan kualitas air minum yang diberikan dengan cara melakukan uji kualitas air minum secara teratur dan meningkatkan jam operasi layanan  dari 5 jam ke 24 jam dengan mengoptimalkan sistem yang ada. Sedangkan untuk mendorong masyarakat rajin membayar tagihan, PDAM dapat memperbanyak loket pembayaran dengan melakukan kerjasama dengan pihak ketuga untuk pembayaran online serta memberikan hadiah kepada pelanggan yang membayar tagihan air minum tepat waktu.

PDAM juga harus secara rutin melakukan penggantian meter air pelanggan yang usianya sudah di atas lima tahun untuk menghindari kebocoran air non-fisik. Selain itu untuk meningkatkan pendapatan, PDAM dapat memperluas layanan dengan membangun jaringan distribusi dengan memanfaatkan kapasitas idle PDAM yang masih ada yaitu 26,51 liter per detik.

“Dengan memanfaatkan kapasitas idle yang ada PDAM dapat memperluas cakupan sebanyak 3.345 sambungan rumah (SR)  sehingga PDAM dapat menambah pendapatan sebesar Rp. 2 Miliyar selama 5 tahun,”kata Bambang.