Slide 1

Berita PUPR > Komisi V DPR RI Dukung Pembangunan Infrastruktur di Tambolaka Provinsi NTT


Senin, 24 Juni 2019, Dilihat 120 kali

Tambolaka – Komisi V DPR RI melaksanakan Kunjungan Kerja Spesifik (kunfik) ke Tambolaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 20-21 Juni 2019. Pada kunfik hari pertama rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi V Fary Djemi Francis meninjau pembangunan jalan akses pariwisata Nihiwatu dan usulan jalan akses Pasola di Kabupaten Sumba Barat, Provinsi NTT. Saat ini progres pembangunan jalan akses pariwisata Nihiwatu sepanjang 8,2 km telah mencapai 30% dan ditargetkan selesai pada Oktober 2019.

 Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis mengatakan, Komisi V DPR RI akan mengusulkan agar di tahun 2020 ada akses jalan dari obyek wisata Nihiwatu ke tempat arena Pasola,” sehingga keduanya menjadi terpadu dan akan menunjang pariwisata di daerah itu.” Jelasnya.

 Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Timur Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR tengah menangani kegiatan penataan bangunan kawasan Pasola di Kabupaten Sumba Barat pada TA. 2017 sebesar Rp 4,3 Miliar dan TA. 2018 sebesar Rp 7,3 Miliar. Menurut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Timur, Herman Tobo, Pasola merupakan permainan perang dua kelompok berkuda yang saling melempar lembing di sebuah padang savana. “saat ini seluruh pekerjaan fisik telah selesai dilaksanakan dan siap untuk diserahterimakan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat” ujarnya.

Dihari kedua kunfik, diselenggarakan pertemuan dengan Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu dan Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole di Kantor Bupati Sumba Barat Daya sekaligus acara penyerahan secara simbolis bantuan P3-TGAI dan BSPS kepada masyarakat. Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR pada TA. 2019 menganggarkan kegiatan P3-TGAI di Kabupaten Sumba Barat Daya untuk 20 lokasi sebesar Rp 3,9 Miliar dan di Kabupaten Sumba Barat untuk 10 lokasi sebesar Rp 1,9 Miliar. Sementara itu Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR pada TA. 2019 menganggarkan program BSPS di Kabupaten Sumba Barat sebesar Rp 2,1 Miliar untuk 120 rumah dan Kabupaten Sumba Barat Daya sebesar Rp 7 Miliar untuk 400 rumah.

 Ikut mendampingi pada Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Tambolaka Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air, Agung Djuhartono; Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Agus Sosiawan; Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Achmad Herry Marzuki; Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang, Muktar Napitupulu; Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Timur, Herman Tobo dan Direktur Rumah Umum dan Komersil Ditjen Penyediaan Perumahan, Moch. Yusuf Hariagung. (Mar)

 



‚Äč