Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Perencanaan Teknis Sungai Jamin Pengelolaan SDA Yang Berkelanjutan


Selasa, 14 Mei 2019, Dilihat 159 kali

Ilustrasi Penataan Kawasan Sungai Cikapundung

Palembang (14/05) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan pelatihan mengenai Perencanaan Teknis Sungai untuk menjamin pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) yang baik dan berkelanjutan.

Kapusdiklat SDA dan Konstruksi, dalam sambutan pembukaan pelatihan dibacakan oleh Kepala Balai Diklat Wilayah II Palembang, Teuku Faisal Riza, Selasa (14/5) mengatakan perlu pengelolaan sumber daya air terpadu untuk meningkatkan pengembangan dan pengelolaan air, lahan, dan sumber daya terkait secara terkoordinasi untuk mencapai kesejahteraan ekonomi dan sosial yang maksimum dengan cara yang adil dan secara mutlak mempertahankan keberlanjutan ekosistem yang vital.

 

Suasana Pelatihan Perencanaan Teknis Sungai

Pengelolaan SDA Terpadu (menurut wacana Global) merupakan proses pengelolaan SDA yang memadukan, antara sumber daya air dengan sumber daya terkait lainnya antar-sektor, antar-wilayah secara berkelanjutan, tanpa harus mengorbankan lingkungan dan diselenggarakan dengan pendekatan partisipatif. Sedangkan menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air pengelolaan SDA Terpadu diselenggarakan secara menyeluruh (perencanaan, pelaksanaan, monitor dan evaluasi, konstruksi, pendayagunaan, pengendalian) secara terpadu (stakeholdes, antar sektor, wilayah) dan berwawasan lingkungan hidup (keseimbangan ekosistem dan daya dukung lingkungan) untuk mewujudkan kemanfaatan sumber daya air yang berkelanjutan (antar-generasi) untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. 

Pengelolaan SDA Terpadu tersebut sesungguhnya dilakukan untuk mencegah dari permasalahan-permasalahan pokok Sumber Daya Air, seperti krisis air, pencemaran dan kerusakan ekosistem, ketahanan pangan, banjir, degradasi DAS, dsb.

Demi menjamin tersedianya SDA yang berkelanjutan, maka perlu penyelenggaraan pemerintah yang baik, selain juga diperlukam SDM yang memadai untuk menjalankan proses tersebut agar pengelolaan SDA yang baik dan berkelanjutan bisa terjamin.

Untuk itu dalam pelatihan Perencanaan Teknis Sungai peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan terkait perencanaan teknis sungai, sehingga dapat menunjang kelestarian SDA. (Tts)