Slide 1

Berita BPPSPAM > Sinergi Pemda dan PDAM Kunci PDAM Sehat dan Mandiri


Jumat, 10 Mei 2019, Dilihat 253 kali

Sinergi Pemda dan PDAM Kunci PDAM Sehat dan Mandiri

Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) berkomitmen untuk mendorong peningkatan kinerja Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau dari Kurang Sehat menjadi Sehat melalui bantuan manajemen fasilitasi peningkatan kinerja PDAM. Untuk mewujudkan hal tersebut, BPPSPAM membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Karimun sebagai pemilik PDAM.

“Ada 3 kunci utama untuk membuat PDAM sehat yaitu komitmen pimpinan, dukungan manajerial dari SDM dan dukungan dari Kepala Daerah sebagai pemiliknya. Jika ketiga faktor dapat berjalan dengan baik saya yakin seluruh PDAM di Indonesia akan sehat dan mandiri,”kata Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo dalam kunjungannya ke Kantor Bupati Kabupaten Karimun, Kamis ( 09/05/2019).

Kunjungan diterima oleh Sekretaris Daerah Kab.Karimun. Drs. Muhd. Firmansyah, M.Si didampingi Asisten 2 Bidang Perekonomian dan pembangunan Dra. Hj. Sensissana, M.Si Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H. Faisal Taufik, S.sos serta Direktur Utama PDAM Kabupaten Karimun Indra Santo.

Bambang menyampaikan berdasarkan penilaian kinerja PDAM yang dilakukan BPPSPAM pada tahun 2018, PDAM Kabupaten Karimun merupakan satu-satunya PDAM yang memiliki kondisi kurang sehat di Provinsi Kepulaun Riau dengan nilai 2,78. Untuk meningkatkan kinerja PDAM, BPPSPAM berharap PDAM dapat melakukan optimalisasi jam operasional pelayanan dari 16 jam menjadi 24 jam.

Selain itu, PDAM disarankan untuk melakukan pergantian meter meter air pelanggan yang umurnya sudah lebih dari 5 tahun. Untuk meningkatkan kompetensi pegawai, diharapkan PDAM mengalokasikan anggaran khusus untuk mengirimkan pegawai ke pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat dan Perpamsi.

Sekretaris Daerah, Drs. Muhd. Firmansyah, M.Si berterimakasih atas dukungan dari Pemerintah Pusat khususnya BPPSPAM dan Satker Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya yang telah membangun infrastruktur SPAM di Kabupaten Karimun. Dengan adanya bantuan tersebut, kini PDAM dapat menambah pelayanan air minum kepada masyarakat meski belum 24 jam.

“Salah satu program Bupati Karimun adalah mengentaskan krisis air terutama saat musim kemarau sehingga bantuan dari Pemerintah Pusat sangat bermanfaat. Kami juga berkomitmen untuk terus memperluas cakupan pelayanan air minum ke seluruh masyarakat, “kata Firmansyah.

Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dra. Hj. Sensissana, M.Si berharap selain memberikan bantuan manajemen, BPPSPAM juga dapat memfasilitasi PDAM untuk melakukan review RISPAM, penyusunan bisnis plan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) PDAM.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Karimun, Ketua BPPSPAM didampingi Direktur Utama PDAM Kabupaten Karimun juga meninjau langsung Instalansi Pengolahan Air (IPA) SPAM IKK Tebing dan IKK Meral dengan kapasitas 2×10 liter/detik yang digunakan untuk melayani sekitar 2.000 pelanggan. (AA/Irn)