Slide 1

Berita BPSDM > Akhir Triwulan I T.A. 2019, BPSDM Tempati Posisi Teratas Level Eselon I Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kementerian PUPR


Kamis, 18 April 2019, Dilihat 152 kali

copyright by mebiso.com

Jakarta (18/4) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) berhasil menduduki posisi I IKPA Triwulan I T.A. 2019 di Level Eselon I Kementerian PUPR. Dari 11 unit Eselon I yang ada di Kementerian PUPR, posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan Sekretariat Jenderal.

Mengacu pada PMK Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga, masing-masing Menteri/Pimpinan Lembaga selaku pengguna Anggaran diberi amanat untuk melakukan monitoring dan evaluasi atas APBN secara berkala dan menyeluruh sesuai periode dan aktifitasnya. Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) ini menjadi ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran dengan melihat sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

 

Satker Sekretariat BPSDM meraih Peringkat III Kategori Pagu Sedang T.A 2018 di KPPN Jakarta V

 

Terdapat 12 poin penilaian terdiri dari revisi DIPA, deviasi penarikan dana terhadap rencana halaman III DIPA, nilai pagu minus belanja pegawai, retur SP2D, penyerapan anggaran, penyelesaian tagihan, penyampaian data kontrak, pengelolaan UP, penyampaian LPJ Bendahara, pengembalian SPM oleh KPPN, pengajuan Dispensasi SPM, dan Renkas/RPD harian.

Dua Penghargaan Satker Terbaik

Sebelumnya, 2 (dua) penghargaan sebagai Satker Terbaik Pagu Sedang T.A. 2018 telah diraih oleh BPSDM. Peringkat I diraih oleh Satker Balai Diklat Wilayah IV Bandung di KPPN Bandung II. Sedangkan di KPPN Jakarta V, Satker Sekretariat BPSDM meraih Peringkat III. Pencapaian ini sebagai apresiasi atas kinerja pelaksanaan anggaran selama tahun 2018.

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Djadjat Djatnika mewakili Satker Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung untuk terima penghargaan

 

Menyikapi 3 (tiga) triwulan yang akan berjalan sampai akhir tahun anggaran 2019, BPSDM optimis akan tetap menempati posisi pertama sebagai Unit Organisasi dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik di Kementerian PUPR sampai di akhir tahun anggaran. Oleh karena itu, masing-masing Satker di BPSDM akan terus berupaya untuk menjamin ketercapaian keluaran/output (output delivery) guna kelancaran pelaksanaan anggaran, mendukung manajemen kas, serta meningkatkan kualitas laporan keuangan (LKKL/LKPP). (NP)



‚Äč