Slide 1

Berita Ditjen Cipta Karya > 13 Kabupaten Di Sulsel Masuk Dalam Program PISEW


Sabtu, 06 April 2019, Dilihat 461 kali

 

Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) merupakan kegiatan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman skala perdesaan dan meningkatkan kualitas permukiman perdesaan (78.384 ha, target nasional), melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, program PISEW memberikan stimulasi melalui pembangunan/perbaikan infrasturktur dasar sosial ekonomi berupa infrastruktur transportasi, air minum dan sanitasi, penunjang produksi pertanian dan industri, dan peningkatan prasarana pendukung pemasaran pertanian, perternakan, perikanan, industri dan pendukung kegiatan pariwisata.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Satker Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Sulawesi Selatan Andris Tuange dalam acara Rapat Koordinasi Awal Tingkat Provinsi Program PISEW, Senin (01/04/2019) di Makassar.

“Penyediaan infrastruktur PISEW tersebut harus diintegrasikan dengan rencana pembangunan lintas sektor di tingkat provinsi dan kabupaten sesuai dengan perencanaan pembangunan yang ada, dan yang diarahkan untuk membangkitkan kegiatan ekonomi masyarakat,” kata Andris.

Lanjut Andris, Provinsi Sulawesi Selatan dalam 3  tahun terakhir telah melaksanakan kegiatan PISEW di 113 kecamatan, dan alhamdulillah di tahun 2019 ini kembali memperoleh Program PISEW sebanyak 66 kecamatan yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Jeneponto, Takalar, Gowa, Bone, Wajo, Sidrap, Pinrang, dan Enrekang, Kabupaten Tana Toraja Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Toraja Utara), dimana setiap kecamatan memperoleh anggaran sebesar  Rp600 juta dengan pengalokasian Rp10 juta untuk kegiatan administrasi dan OP BKAD, dan Rp590 juta untuk fisik infrastruktur. “Untuk itu saya mengajak kepada 66 kecamatan ini untuk melaksanakan dengan benar sebagaimana yang diatur dalam SE Direktur Jenderal (Cipta Karya),” ujar Andris.

Andris menegaskan kepada Pemerintah Daerah penerima program PISEW untuk senantiasa mencermarti secara bertahap terkait keterpaduan program melalui activity sharing, agar terwujud sinergitas pelaksanaan program PISEW dengan program Pemerintah Daerah masing-masing. (Jamal BPPW Sulsel)