Slide 1

Berita Ditjen Cipta Karya > Kepala Staf TNI Angkatan Udara Meresmikan SPAM Akademi Angkatan Udara Yogyakarta


Rabu, 20 Maret 2019, Dilihat 386 kali

Kegiatan di Akademi Angkatan Udara membutuhkan beberapa macam komponen pendidikan dan juga sarana dan prasarana, salah satunya adalah penyediaan air bersih. Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna pada acara Peresmian Operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta, Senin (18/03/ 2019). Pembangunan SPAM AAU ini merupakan inovasi dan kerja sama yang baik antara AAU dan Kementerian PUPR, sehingga salah satu kebutuhan di AAU dapat terwujud.
 

Yuyu Sutisna juga mengingatkan kepada AAU bahwa sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Pengembangan SPAM, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, pihak AAU mempunyai kewajiban untuk mengoperasikan, memanfaatkan, dan memelihara SPAM yang sudah terbangun.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR yang diwakili oleh Kasubdit SPAM Perdesaan Tanozisochi Lase menyampaikan bahwa sesuai Perpres Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015 – 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendapat amanat untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Salah satu kegiatan pembangunan sistem penyediaan air minum dalam rangka mewujudkan hal tersebut adalah melalui pembangunan SPAM Akademi Angkatan Udara (SPAM AAU) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan atas air yang sesuai baku mutu, kualitas air minum bagi seluruh anggota AAU,” kata Tanozisochi Lase.

Tanozisochi Lase menjelaskan lebih lanjut bahwa sistem operasional SPAM AAU ini menggunakan teknologi ultrafiltrasi dan supervisory control and data acquisition atau yang disingkat dengan SCADA dengan kapasitas produksi total adalah 2,5 liter/detik yang mampu memenuhi kebutuhan pelayanan air minum dalam kawasan AAU Yogyakarta. Pelaksanaan pembangunan SPAM AAU dimulai pada pertengahan tahun 2018, dalam satu paket kontrak dengan kegiatan pembangunan SPAM mendukung Akpol Semarang.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Gubernur AAU, Taruna dan Taruni AAU, serta perwakilan dari BPPW DIY dan Satker PSPAM DIY. (didik/balai PPW DIY/ari)



‚Äč