Slide 1

Berita BPPSPAM > Tahun 2019, BPPSPAM Fasilitasi 20 PDAM Kelola Aset


Selasa, 19 Maret 2019, Dilihat 509 kali

Bagi perusahaan daerah air minum (PDAM) infrastruktur air minum merupakan aset utama yang harus dikelola secara efektif dan efesien sehingga dapat  dimanfaatkan secara optimal untuk memberikan pelayanan air minum yang memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Dalam rangka memfasilitasi PDAM untuk mengelola asetnya secara efektif, sejak tahun 2015 BPPSPAM telah mengembangkan aplikasi manajemen aset yang dapat digunakan PDAM untuk mencatat dan memonitoring asetnya. Pada tahun 2019  ini, BPPSPAM juga melakukan pendampingan kepada 20 PDAM terpilih untuk menerapkan aplikasi tersebut melalui kegiatan Workshop Penerapan Aplikasi Manajemen Aset  secara berkelanjutan.

Untuk memberikan pengetahuan dasar serta persamaan persepsi terkait manajemen aset, BPPSPAM menyelenggarakan acara Workshop Penerapan Aplikasi Manajemen Aset 1 di Malang, pada tanggal 18-20 Maret 2019. Acara dibuka oleh dengan menghadirkan Advisor BPPSPAM, Drs. Effendi Mansur CES, Ir. Budi Sutjahjo, MT, serta PDAM Kota Malang sebagai narasumber.

“Manajemen aset merupakan suatu pendekatan yang dapat memberikan semua informasi dan alat analisa yang diperlukan untuk mengelola aset yang ada agar menjadi lebih efektif dan dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa mendatang. Saya berharap peserta yang hadir memperhatikan dengan seksama materi yang diberikan oleh narasumber sehingga mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan tahapan untuk menerapkan aplikasi manajemen aset di PDAM masing-masing,” tegas Sundoro.

Sundoro berharap workshop ini dapat bermanfaat bagi PDAM dalam penerapan pengelolaan manajemen aset serta memanfaatkan Sistem Informasi Aplikasi Manajemen Aset, dalam rangka meningkatkan kinerja PDAM menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien yang secara tidak langsung dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat

Selain Kepala Sekretariat acara juga dihadiri oleh Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama dan staf teknis BPPSPAM . Adapun beberapa PDAM yang hadir diantaranya PDAM Kabupaten Buleleng, PDAM Kota Mataram, PDAM Kota Salatiga, PDAM Kota Cirebon, PDAM Kota Bogor dan PDAM Kabupaten Lingga. (Irn)