Slide 1

Berita Balitbang > Kolaborasi Inovasi Teknologi Balitbang PUPR Dengan Dua Institusi Internasional Jepang melalui Penandatanganan Kerjasama


Kamis, 07 Maret 2019, Dilihat 135 kali

Balitbang Kementerian PUPR melalui Puslitbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) melakukan penandatanganan kerja sama dalam rangka kolaborasi inovasi pada teknologi dan peningkatan kapasitas SDM dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur bidang jalan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langusng oleh Plt. Kepala Balitbang Lukman Hakim dalam sambutannya “kolaborasi ini harus dapat menciptakan inovasi dalam teknologi jalan yang meliputi instrumentasi, material dan peningkatan kapasitas SDM, demi mendukung pengembangan infrastruktur jalan di Indonesia” ungkapnya.

Balitbang PUPR melalui Puslitbang Jalan dan Jembatan melakukan penandatanganan keja sama dengan dua institusi internasional, National Institute for Land and Infrastructure Management (NILIM) yang merupakan intitusi litbang di bawah Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) Jepang dan Public Works Research Institute (PWRI) Jepang pada Selasa (5/3). Kerja sama litbang ini berlaku untuk periode tahun 2019 - 2024.
Hal senada disampaikan Kepala Pusjatan, Deded P. Sjamsudin bahwa kerja sama ini diharapkan dapat mendukung tugas Kementerian PUPR selama 5 tahun ke depan. “Dalam bidang jalan, kita berupaya utk mencapai 99% jalan mantap dan memanfaatkan material daur ulang dan bahan lokal,” terangnya. Deded menambahkan, dalam bidang integrasi antarmoda, diharapkan kerja sama ini dapat mengembangkan jalan smart dan humanis.

Kerja sama antara Pusjatan dan NILIM Jepang ini terdiri dari bidang traffic counting technology dan construction management. Sedangkan kerja sama dengan PWRI Jepang meliputi bidang road pavement, tunnel, soft ground, dan earth structure. Hal ini merupakan perpanjangan kerja sama pada periode 2014 - 2019 dengan perluasan ruang lingkup kerja sama.

Sementara itu, Masahide Ito, Executive Director for Research Affairs of NILIM berharap kerja sama ini mampu memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Jepang yang telah terjalin baik selama ini.

sumber : Pusjatan



‚Äč