Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Targetkan Nilai Kinerja 391 PDAM Pada Tahun 2019


Jumat, 08 Maret 2019, Dilihat 30 kali

Kondisi manajemen pelayanan air minum di Indonesia yang masih belum maksimal, membuat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) terus meningkatkan jumlah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang diberikan fasilitasi peningkatan kinerja. Namun sebelum memberikan kegiatan pendampingan, BPPSPAM perlu mengetahui nilai kinerja PDAM yang dibuat berdasarkan audit laporan keuangan PDAM dari BPKP.

Sayangnya dari 391 PDAM yang ada di Indonesia, baru ada 374 PDAM yang memberikan laporan keuangan. Dalam rangka membantu PDAM menyiapkan pelaksanaaan laporan keuangan yang dapat dijadikan bahan evaluasi kinerja, BPPSPAM mengadakan Workshop Penilaian Kinerja Secara Mandiri (Self Assesment) di Tangerang, Selasa (05/03/19).

"Kami berharap PDAM dapat menyiapkan data-data yang diperlukan oleh BPKP terlebih dahulu sehingga ketika pelaksanaan audit dapat berjalan lancar. Kami berharap pada tahun 2019 ini,semua PDAM dapat memberikan audit kepada BPKP sehingga dapat dinilai kinerjanya oleh BPPSPAM "kata Anggota BPPSPAM unsur Pelanggan, Aji Setya Budi

BPPSPAM akan memberikan pemahaman tentang tata cara perhitungan nilai kinerja, evaluasi, analisis kekurangan kinerja agar PDAM mampu menyusun rencana tindak peningkatan kinerja secara mandiri (self assessment). Berdasarkan simulasi penilaian kinerja didapatkan hasil bahwa dari 17 PDAM yang diundang dalam workshop terdapat ada 9 PDAM yang akan meningkat kinerjanya.

Dalam workshop PDAM juga diminta untuk menyusun rencana tindak yang akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja sesuai skala prioritas, yaitu: prioritas pertama rekomendasi program yang mempunyai daya ungkit cukup tinggi namun tidak memerlukan biaya investasi; prioritas kedua rekomendasi program yang mempunyai daya ungkit cukup tinggi namun memerlukan biaya investasi tidak terlalu besar dan dapat berpengaruh dalam waktu jangka menengah.
Pada tahun 2019 BPPSPAM juga memberikan fasilitasi pembuatan laporan keuangan kepada 17 PDAM yang belum memiliki laporan keuangan sehingga tahun ini dapat dinilai kinerjanya oleh BPPSPAM. (el/Irn)