Slide 1

Berita BPIW > Kementerian PUPR Kembali Gelar Konreg Jarak Jauh


Selasa, 05 Maret 2019, Dilihat 324 kali

Foto Kementerian PUPR Kembali Gelar Konreg Jarak Jauh

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) kembali menyelenggarakan Konsultasi Regional (Konreg) jarak jauh atau Konreg melalui video conference, Senin (4/3/2019).

Konreg jarak jauh saat ini dilakukan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). Pada pelaksanaan konreg tersebut, Kementerian PUPR melaksanakan di ICT Room, Kantor Kementerian PUPR, Jakarta sedangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut di Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XI, Manado, Sulut.

Kepala Pusat Pemrograman dan Evaluasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR, BPIW Kementerian PUPR, Iwan Nurwanto saat membuka acara menyatakan, pelaksanaan Konreg jarak jauh dengan Pemprov Sulsel merupakan penyelenggaran yang kedua.

“Konreg melalui video conference pertama dilakukan dengan Pemprov Kalsel (Kalimatan Selatan,-red). Untuk yang sekarang dengan Pemprov Sulut," terang Iwan.

Menurutnya, Konreg jarak jauh diharapkan tetap mampu menghasilkan pemrograman pengembangan infrastruktur PUPR tahun 2020 yang tajam dan efektif. "Tidak kalah kualitas dengan Konreg yang dilaksanakan secara tatap muka langsung," jelasnya.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat mewujudkan pemrograman yang mengakomodasi keberlanjutan lingkungan dan mitigasi bencana.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, Konreg tahun ini memang dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya. "Yakni, tahun ini disamping dilaksanakan meeting program, dilaksanakan juga Konreg jarak jauh," papar Iwan.

Untuk uji coba Konreg jarak jauh, lanjutnya, dilakukan pada empat provinsi dahulu. "Yakni Pemprov Kalsel (Kalimantan Selatan,-red), Pemprov Sulut (Sulawesi Utara,-red), Pemprov Sumut (Sumatera Utara,-red) dan Pemprov Jatim (Jawa Timur,-red)," ungkap Iwan.

“Untuk tahun depan diharapan akan semakin banyak provinsi yang melakukan Konreg jarak jauh. Cara ini diharapkan semakin membuat penyelenggaran Konreg yang efisiensi dan efektif,” ungkap Iwan.

Usai pembukaan, diputar video mengenai arahan Kebijakan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto. Kemudian disambung, vidio Arahan Kebijakan Perencanaan Pengembangan Infrastruktur PUPR dari Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono.

Di Manado, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XI Manado, Triono Junoasmono, mengatakan siap melakukan Konreg  jarak jauh dengan menghadirkan semua perwakilan yang terkait  dengan perencanaan dan pengembangan infrastruktur wilayah.

“Konreg yang dilakukan secara jarak jauh ini diharapkan berjalan sesuai harapan semua pihak,” terangnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemrov Sulut, Elvira Katuuk memaparkan, potensi yang dimiliki Sulut untuk berkembang dan mengungkit kesejahteraan masyarakat setelah didukung infrastruktur PUPR, antara lain ekonomi kelautan serta pangan.

“Kemudian industri pertambangan mineral, aspal, panas bumi, serta minyak dan gas bumi," ungkap Elvira.  Tak hanya itu, lanjutnya, ada juga pusat pariwisata cagar budaya, bahari dan ekowisata.

Konreg jarak jauh ini di Kementerian PUPR diikuti perwakilan Unit Organisasi (Unor) teknis di Kementerian PUPR, yakni Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Ditjen Cipta Karya, Ditjen Sumber Daya Air serta Ditjen Penyediaan Perumahan. Kemudian, dari Sulut ada perwakilan pemprov dan Balai-balai Kementerian PUPR yang melingkupi Provinsi Sulut.(ris/infoBPIW)