Slide 1

Berita Sekretariat Jenderal > Peserta Seleksi Pengadaan CPNS 2018 Antusias Ikuti Registrasi/Pemberkasan


Jumat, 22 Februari 2019, Dilihat 1842 kali

Setelah dinyatakan lulus, peserta seleksi pengadaan CPNS Kementerian PUPR Tingkat S1/ D4 Tahun 2018 saat ini melaju ke tahapan berikutnya, yaitu registrasi/ pemberkasan pengangkatan CPNS mulai tanggal 20 - 22 Februari 2019 bertempat di Ruang Pendopo Kementerian PUPR. Pada tahapan ini, para peserta seleksi mengikuti alur pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan administrasi yang sebelumnya sudah dikumpulkan dalam bentuk data dan arsip digital.

Mengawali kegiatan ini, Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala, Asep Arofah Permana, dalam arahannya menyambut para peserta seleksi dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Kementerian PUPR setelah melewati rangkaian seleksi yang tidak mudah. Ia berharap seluruh peserta seleksi dapat mengikuti prosedur kegiatan ini dengan baik dan berjalan lancar tanpa kendala, sejak tahapan registrasi/ pemberkasan hingga tahapan selanjutnya, yaitu Orientasi CPNS. Beliau juga meminta peserta seleksi sudah harus dapat menyesuaikan diri dengan jiwa ASN sebagaimana tertuang dalam UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang mempunyai fungsi pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

Selanjutnya, generasi muda PUPR ini akan mengikuti alur registrasi/ pemberkasan pengangkatan CPNS yang berlangsung selama sekitar 10 menit. Proses diawali dengan mengambil nomor antrian, mengisi daftar hadir, menyerahkan dokumen yang telah divalidasi, dan berakhir dengan menerima penjelasan terkait ikatan dinas dan Orientasi CPNS oleh tim dari Biro Kepegawaian dan Ortala serta pengelola kepegawaian Unit Organisasi. Pentingnya tahap ini adalah meskipun para peserta telah dinyataan lulus seleksi pengadaan CPNS, namun jika dalam registrasi/ pemberkasan terdapat dokumen yang tidak lengkap atau tidak valid, maka proses tidak dilanjutkan oleh BKN sehingga dinyatakan gugur sebagai CPNS. 

Adapun terkait dengan SK CPNS akan ditetapkan terhitung mulai tanggal 01 Maret 2019, kemudian melaksanakan tugas (melalui penugasan online) pada tanggal 01 April 2019 dan selanjutnya bekerja secara resmi di Kantor Pusat Pattimura untuk mengikuti Orientasi CPNS pada tanggal 22 April 2019 selama kurang lebih 1 tahun. “Pemberkasan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, tertib, dan mudah dipahami. Adanya jeda waktu antara tanggal 01 April 2019 hingga 22 April 2019 cukup membantu peserta seleksi supaya tidak tergesa-gesa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Orientasi”, pungkas Renanda Mutiara, peserta pelamar jabatan Teknik Pengairan Ahli Pertama, ketika ditanya kesannya selama mengikuti proses registrasi/ pemberkasan CPNS.