Slide 1

Berita Ditjen Cipta Karya > Papua Barat Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019


Minggu, 24 Februari 2019, Dilihat 304 kali

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2019 diperingati dengan apel bersama dan aksi pembersihan jalah protokol di Kabupaten Manokwari. Apel peringatan HPSN langsung dipimpin oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di TPA Sampah yang berada di Kampung Masiepi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Kamis (21/02/2019).
 

Peringatan HPSN tahun ini diinisiasi oleh Polda Papua Barat dengan melibatkan TNI bersama pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten untuk ikut dalam apel bersama dan aksi pembersihan jalan protokol.

Gubernur Mandacan dalam amanatnya mengatakan, peringatan HPSN juga sebagai upaya untuk mendorong kita semua untuk lebih jauh merubah pola pikir, menyempurnakan perilaku sekaligus bekerja cerdas dalam pengelolaan sampah agar hidup bersih, sehat dan bernilai.

Menurut Mandacan, peringatan HPSN dapat menjadi parameter bagi masyarakat Papua Barat, khususnya seluruh personel Polda Papua Barat untuk selalu peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk masa mendatang.

Dari peringatan HPSN ini, Mandacan berharap dapat menjadi pemicu untuk lebih meningkatkan pembangunan di sektor lainnya. Solusi untuk mengatasi persoalan sampah tersebut, dirincikan Mandacan dengan sebuah tindakan pelestarian lingkungan dengan mengurangi pemakaian barang-barang yang kurang perlu, yaitu reduce.

Kemudian dengan menggunakan kembali barang yang sudah tidak terpakai atau reuse dan recyle yang merupakan sebuah cara untuk mendaur ulang kembali sebuah barang. Selain itu, ada pula replant sebuah cara pelestarian lingkungan dengan menanam kembali tanaman hijau di daerah yang hampir sudah tidak ada tanaman hijau lagi.

Mandacan juga mengajak untuk lebih memaknai HPSN dengan melanjutkan deklarasi Indonesia bebas sampah dan menemukan solusi bersama di Indonesia.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf A. Rodja mengatakan, meski telah ada kebijakan Pemerintah terkait penanganan sampah yang sangat bagus, namun persoalan sampah di Provinsi Papua Barat, khususnya Kabupaten Manokwari masih sangatlah urgent.

Rodja berharap masyarakat Papua Barat, khususnya di Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan sekitarnya dapat meningkatkan kesadarannya terkait persoalan sampah, sehingga tidak lagi menggunakan plastik. (Lis Randal Pabar/ari)



‚Äč