Slide 1

Berita PUPR > Kembangkan Kebijakan Satu Peta, Kementerian PUPR Menerima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial


Rabu, 12 Desember 2018, Dilihat 748 kali

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan Bhumandala Kanaka Tahun 2018 atau Medali Emas untuk Kategori Simpul Jaringan Geospasial Terbaik Tingkat Kementerian/Lembaga dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pada acara Bhumandala Award 2018 yang diselenggarakan bersamaan dengan Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta dan Peluncuran Buku Kemajuan Infrastruktur Nasional.   

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, di Jakarta, Selasa, (11/12/18).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan semakin sering dirinya ke lapangan, semakin mengetahui bahwa terjadi banyaknya permasalahan tumpang tindih pemanfaatan lahan. Oleh karena itu, kebijakan one map policy atau Kebijakan Satu Peta, masalah tumpang tindih pemanfaatan lahan bisa diselesaikan. “Kebijakan Satu Peta ini sudah lama disiapkan, karena itu saya sangat menghargai dan sangat mengapresiasi upaya-upaya dalam mempercepat kebijakan ini,” ujar Presiden Jokowi.

Penghargaan Bhumandala diserahkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan diterima oleh Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Penyelenggaraan penghargaan Bhumandala telah memasuki tahun ketiga sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014.

Kepala BPIW Hadi Sucahyono mengatakan pemanfaatan pengembangan informasi geospasial merupakan bagian dari basis perencanaan pembangunan  “Penghargaan ini menjadi pemacu semua unit di Kementerian PUPR terus mengembangkan dan memanfaatkan Kebijakan Satu Peta, terutama Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR terus melakukan penyempurnaan sehingga menjadi referensi handal dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Hadi.  

Penghargaan diberikan kepada Kementerian PUPR atas pencapaiannya dalam mengembangkan Simpul Jaringan dan meningkatkan pemanfaatan Informasi Geospasial (IG) yang inspiratif terutama dalam mendukung pelaksanaan kebijakan satu peta dan pembangunan yang berkelanjutan. 

Kementerian PUPR merupakan salah satu kementerian yang telah aktif mengembangkan Simpul Jaringan sejak lebih dari satu dasawarsa. Untuk mendukung terbentuknya Simpul Jaringan yang kuat, Kementerian PUPR telah mempunyai roadmap yang jelas dan didukung dengan sistem manajemen yang baik. Selain itu Teknologi yang digunakan sudah terlihat jelas pekembangannya.

Turut hadir Kepala Pusdatin Kementerian PUPR Ignatius Wing Kusbimanto. Penerima penghargaaan Bhumandala Kanaka lainnya adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain tingkat Kementerian dan Lembaga, Penghargaan Bhumandala juga diberikan untuk Tingkat Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. (Dms)

Biro Komunikasi Publik

Kementerian PUPR

Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Twitter: @kemenpu

Instagram: kemenpupr

Youtube: kemenpu

#PUPRsiapmelayani

#InfrastrukturUntukIndonesiaMaju

#PUPRSigapMembangunNegeri



​