Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Koordinasikan Percepatan SPAM Karian-Serpong


Rabu, 31 Oktober 2018, Dilihat 727 kali

BPPSPAM menggelar rapat koordinasi percepatan proyek KPBU SPAM Karian-Serpong di Jakarta, Selasa (30/10/18). Proyek ini direncanakan dapat melayani 2,2 Juta Jiwa penduduk di wilayah Kota Jakarta, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Saat ini telah ditunjuk Konsorsium K-Water, LG International dan Adhi Karya sebagai pemrakarsa proyek KPBU SPAM Karian.

Rapat koordinasi ini dimaksudkan agar, semua pihak yang terlibat dapat bersinergi untuk mewujudkan kesuksesan proyek KPBU SPAM Karian. Hadir dalam rapat Kepala Subdit SPAM Khusus, Direktorat PSPAM, Ditjen Cipta Karya, Dirut PDAM Kabupaten Tangerang, Dirut PT. PAM Jaya, Perwakilan dari Pusat Air Tanah dan Air Baku, Ditjen Sumber Daya Air, Bappeda Kabupaten Tangerang, PT. PITS, PJT II dan PT.PII.

Selain membahas lokasi IPA Proyek KPBU SPAM Karian, BPPSPAM juga memastikan lokasi reservoar pada masing-masing PDAM penerima air curah (offtaker ) SPAM Karian yaitu PT. PAM Jaya, PDAM Kota Tangerang dan PT. PITS sebagai BUMD Kota Tangerang Selatan. Kepastian lahan lokasi IPA dan reservoar sangat diperlukan oleh Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menentuan tarif air curah sesuai dengan kemampuan offtaker.

Bersamaan dengan itu dibahas pula alokasi air untuk Kabupaten Tangerang yang tidak ikut serta dalam skema KPBU. Rencananya Kabupaten Tangerang akan diberikan alokasi air baku dari Sungai Cisadane yang saat ini sedang dilakukan studi perencanaan oleh Direktorat Pengembangan SPAM, Ditjen Cipta Karya.

“BPPSPAM berkomitmen untuk mendampingi PDAM Kabupaten Tangerang mendapatkan alokasi air baku untuk mencapai target layanan sesuai dengan RPJMD Kabupaten,”ujar Bambang dalam rapat tersebut. Alokasi air baku untuk PDAM Kabupaten Tangerang perlu dipastikan sebagai salah satu langkah untuk mempercepat ijin lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Proyek KPBU SPAM Karian. (el/AdSr)