Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM dan PT SMI Susun Prosedur Pendampingan KPBU SPAM


Rabu, 29 Agustus 2018, Dilihat 619 kali

Dalam rangka membangun sinergitas penyiapan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha di bidang air minum, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum PPSPAM dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI)  menyusun prosedur  Fasilitasi Studi Kelayakan Proyek KPBU SPAM.

Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo menyampaikan bahwa BPPSPAM  ingin mempercepat proses penyiapan Proyek KPBU SPAM. Untuk itu BPPSPAM telah menyiapkan konsep prosedur  dan pembagian tugas antara BPPSPAM, Direktorat Jenderal Cipta Karya dan PT. SMI sebagai  Kementerian/Lembaga yang  terlibat dalam proses pendampingan kepada PDAM sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dalam penyusunan Studi Kelayakan Proyek KPBU SPAM.

“Kami berharap ada pembagian tugas yang jelas agar  tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dalam melakukan pendampingan kepada PDAM sebagai PJPK SPAM sehingga tercipta sinergitas yang baik,”ujar Bambang dalam Rapat Koordinasi dalam Rangka Pelaksanaan KPBU SPAM yang memperoleh Bantuan PT. SMI, Selasa (28/08/18).

Direktur Pengembangan Proyek dan Advisory PT. SMI, Darwin Trisna Djajawinata sepakat untuk menyusun prosedur  dan pembagian tugas antara Kementerian PUPR dan PT SMI sehingga dapat mempercepat proses kerjasama SPAM. Lebih lanjut Darwin menjelaskan bahwa dalam poses  pendampingan pelaksanaan KPBU memang dibutuhkan prosedur baku karena pelaksanaan KPBU di setiap bidang sangat berbeda.

Darwin juga mengusulkan perlu dibuat prosedur baku Pelaksanaan KPBU SPAM dalam skala yang lebih luas dengan melibatkan Kementerian/Lembaga lain,  Pemda  dan PDAM.

BPPSPAM pada prinsipnya akan menindaklanjuti usulan tersebut setelah prosedur baku Pelaksanaan KPBU SPAM antara BPPSPAM dan PT. SMI berjalan efektif. “Kita jalankan dulu ini, kalau sudah efektif  bisa kita jadikan best practice untuk lembaga lain,” kata Bambang.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan penyiapan kerjasama, baik yang dilakukan oleh BPPSPAM maupun oleh PT. SMI akan dapat sinergis satu dengan lainnya. Hadir juga dalam rapat Anggota BPPSPAM unsur Profesi, Kepala Sekretariat BPPSPAM, Kepala Bidang Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama (PIK), Advisor BPPSPAM bidang Kelembagaan dan staf Bagian PIK. (el/AdSr)



‚Äč