Slide 1

Berita Sekretariat Jenderal > Benchmarking Situation Room, BMKG ke PUSDATIN Kementerian PUPR


Senin, 13 Agustus 2018, Dilihat 1095 kali

Selasa tanggal 31 Juli 2018, PUSDATIN Kementerian PUPR mendapat kunjungan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam rangka Studi Banding / Benchmarking terkait Situation Room. Pertemuan dipimpin oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi dan dihadiri oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, Kepala Subbidang Sistem Infrastruktur Teknologi Informasi, Kepala Subbidang Sistem Informasi, Kepala Subbidang Penyelenggaraan Portal Web, Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Pemetaan dan Informasi Infrastruktur, Kepala Pusat Jaringan Komunikasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Kepala SubBidang Jaringan Komunikasi, Kepala SubBidang Pengembangan Jaringan Komunikasi, Kepala Subbidang Operasional, Perwakilan Kepala Pusat Database, Perwakilan Kepala Pusat Instrumentasi Jaringan Komunikasi.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk melakukan studi banding tentang pembangunan Network Operation Center (NOC) oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang sedang dalam tahap perencanaan.

Agenda Presentasi yang disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi antara lain Profil PUSDATIN, Pengelolaan Situation Room, dan demonstrasi Portal Situation Room Kementerian PUPR. Pada Profil PUSDATIN, Kepala PUSDATIN menjelaskan tentang Tugas dan Fungsi PUSDATIN antara lain :

Mempunyai  tugas melaksanakan pembinaan, pengembangan, pengelolaan, penyediaan data dan teknologi informasi, serta penyelenggaraan sistem informasi untuk mendukung manajemen kementerian

Pusat Data dan Teknologi Informasi menyelenggarakan  fungsi 

  1. Penyusunan rencana dan program pembinaan, pengembangan, pengelolaan data dan teknologi informasi; 
  2. Pembinaan dan pengembangan sistem informasi; 
  3. Penyelenggaraan dan pengelolaan pengamanan data dan informasi,;
  4. Pengendalian mutu sistem dan teknologi informasi;
  5. Pengelolaan dan penyediaan data dan informasi geospasial dan statistik; dan
  6. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat. 

 

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang struktur organisasi dan data pegawai PUSDATIN di setiap bidang antara lain Bagian Program dan Umum, Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, Bidang Integrasi Data dan Layanan Teknologi Informasi, Balai Pemetaan dan Informasi Infrastruktur yang seluruhnya berlokasi di Gedung PUSDATIN Jakarta serta Balai Produksi dan Informasi Audio Visual yang berlokasi di Surabaya.

Kepala PUSDATIN juga menjelaskan produk-produk apa saja yang ada di PUSDATIN, antara lain produk Infrastruktur TI, antara lain Infrastruktur Jaringan Komunikasi Kementerian PUPR (berupa Internet dan Intranet,Bandwidth dengan kapasitas 1.35 GB, Fiber Optik, VPN, VPS), Data Center Kementerian PUPR, Keamanan Jaringan Komunikasi, Video Conference, Live Streaming, CCTV MobileTerdapat juga Produk Sistem Informasi Dan Website, antara lain SIGI-PUPR, TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronik), E-Absensi, E-Dokumen, Email, Loket Pelayanan Informasi Peta, Portal Web Kementerian PUPR. Untuk produk Data dan Informasi, antara lain Peta, Statistik, dan Audio Visual.

Pada pembahasan pengelolaan Situation Room Kementerian PUPR, Kepala PUSDATIN menyampaikan bahwa Ruangan Situation Room ini  diresmikan pada tanggal 7 Juli 2017 oleh Menteri PUPR dengan tujuan melakukan penghematan anggaran dengan pemanfaatan Teknologi Informasi.

Situation Room Kementerian PUPR merupakan Ruang Rapat untuk memfasilitasi pimpinan untuk memantau progres pekerjaan di daerah. Ruangan ini  dilengkapi dengan sejumlah layar monitor berukuran besar untuk menampilkan Portal Situation Room  dan CCTV untuk melakukan pemantauan proyek-proyek strategis di lapangan, serta dilengkapi fasilitas untuk melakukan Video Conference. Saat ini Situation Room hanya dapat diakses oleh Pejabat Pembuat Keputusan dan dapat diakses di lingkungan kantor pusat Kementerian PUPR melalui jaringan intranet.

Sesuai dengan arahan Ibu Sekretaris Jenderal, PUSDATIN ditugaskan sebagai operator Situation RoomKementerian PUPR dengan membentuk tim pengelola yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala PUSDATIN Nomor 06/KPTS/DATA/VIII/2017 Tanggal 14 Agustus 2017 tentang Tim Pengelola Situation RoomKementerian PUPR. Sebelum mulai bertugas, Tim Pelaksana Harian telah dilatih untuk dapat mengoperasikan aplikasi Portal Situation Room maupun perangkat penunjang yang terdapat di Situation Room.

Untuk memudahkan pengoperasian dan pengelolaan Situation Room, telah disusun pula Buku Petunjuk Teknis Penggunaan Portal Situation Room dan Petunjuk Teknis Penggunaan Perangkat Pendukung Situation Room dan ditempatkan pada Ruang Utama maupun Ruang Kontrol Situation Room.

Untuk melakukan evaluasi dan monitoring penggunaan Situation Room, saat ini tim pelaksana harian diwajibkan untuk mengisi form laporan Situation Room yang telah disiapkan dalam bentuk online. Tim pelaksana bertugas setiap hari kerja dan akan bertugas jika ada acara hingga diluar jam piket.

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi juga menjelaskan tentang Aplikasi Portal Situation Room Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. Terdapat 5 (lima) menu utama pada Aplikasi Portal Situation Room, yaitu Siklus Perencanaan, Data dan Informasi, Live MonitoringIssue Of The Day, dan Informasi Eksternal.

BMKG melalui Plt Kepala Pusat Jaringan Komunikasi menyampaikan pada saat ini BMKG menggunakan beberapa provider untuk komunikasi serta menggunakan penyedia jasa untuk penyediaan Data Center dan belum memiliki Data Recovery Center (DRC), untuk DRC masih dalam tahapan survey.

Pusat Jaringan Komunikasi menyampaikan bahwa saat ini BMKG sudah memiliki ruangan untuk Network Operation Center (NOC), hanya belum berfungsi maksimal. BMKG berharap Network Operation Center (NOC)yang akan dibangun dapat digunakan untuk skala nasional, saat ini masih dalam tahap perencanaan. Bandwidthdi BMKG pun dirasa masih belum dikelola dengan baik, melalui kunjungan ini, diharapkan akan mendapat informasi yang bermanfaat.

Perwakilan dari Pusat Database, menjelaskan bahwa sampai saat ini telah mengelola data sebesar 350 TeraByte. Data-data tersebut berisikan antara lain data observasi, data umum (data kepegawaian, data aset dan data arsip), serta data Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Tetapi masih terdapat kendala dalam integrasi datanya.

Berkaitan dengan pengelolaan aset, saat ini ada 1068 peralatan digital yang belum dapat dipantau dengan baik, diharapkan dengan dibangunnya NOC dapat memonitor kondisi aset tersebut. Pusat Instrumentasi sedang melakukan kajian untuk mendapatkan aplikasi yang terbaik yang dapat digunakan sebagai dashboard untuk monitoring dan evaluasi aset. Ada kendala pada meta data integrasi aplikasi –aplikasinya, sehingga masih belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kepala PUSDATIN memberikan tanggapan mengenai pengelolaan aset, aset di Kementerian PUPR dikelola oleh Biro Barang Milik Negara (Biro BMN). Untuk integrasi Kepala PUSDATIN juga menyarankan untuk menggunakan Enterprise Architecture, saat ini Kementerian PUPR sendiri dalam  pelaksanaannya masih mengalami kendala, antara lain belum seragamnya bahasa pemrograman pada aplikasi yang ada di Unit Organisasi.

Sebagai informasi tambahan dari  Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi menyampaikan tentang pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Website di Kementerian PUPR. Untuk jalur komunikasi Kementerian PUPR menggunakan provider yang telah ditetapkan oleh PUSDATIN, sedangkan Unit Organisasi lain tidak diperkenankan melakukan pengadaan sendiri untuk memudahkan dalam pengelolaannya.

Untuk penataan sistem Informasi yang dibuat oleh Unit Organisasi, PUSDATIN telah Peraturan Menteri PUPR nomor 17 tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. Pada Peraturan Menteri tersebut dijelaskan untuk sistem dan datanya dikelola oleh masing-masing Unit Organisasi dan disimpan pada server yang dikelola oleh  PUSDATIN.

Ruang Situation Room juga dilengkapi dengan Video Conference, yang digunakan untuk melakukan sambungan langsung dengan petugas yang berada di lapangan. PUSDATIN selaku Pembina TIK melatih petugas yang bertugas di lapangan.

PUSDATIN juga memiliki CCTV Mobile untuk memantau kegiatan di berbagai lokasi proyek maupun lokasi terjadinya bencana. Kendala yang dihadapi saat ini sulitnya Signal yang tidak stabil di lokasi proyek serta kondisi lokasi kegiatan  seperti di pedalaman gunung atau tebing.

Untuk pengelolaan jaringan komunikasi, PUSDATIN bekerjasama dengan Unit Organisasi melalui Sub Direktorat Data dan Informasi, sedangkan untuk VPS PUSDATIN menyiapkan sarananya, untuk sistem atau datanya dikelola oleh pemilik Terdapat 250 Sistem yang ada di dalam VPS yang dikelola oleh masing-masing unit Organisasi. Peran PUSDATIN adalah menyiapkan tempat penyimpanan dan membantu pembuatannya apabila ada permintaan dari Unit Organisasi.

Saat ini untuk menuju integrasi data, PUSDATIN telah menyiapkan Data Warehouse yang dapat dimanfaatkan oleh Unit Organisasi dan Unit Kerja. Terkait kebijakan  aplikasi, aplikasi berbasis user harus menggunakan data dari aplikasi EHRM. Untuk meningkatkan website di lingkungan Kementerian PUPR, PUSDATIN memantau website-website milik Unit Organisasi dan Unit Kerja, dimana setiap tahunnya diselenggarakan kompetisi tata kelola website. PUSDATIN hanya mengelola website Kementerian PUPR dimana untuk pengisian kontennya dibantu oleh Unit Kerja dan Unit Organisasi terkait.

Selanjutnya Demo Portal Situation Room disampaikan oleh Kepala Subbidang Penyelenggaraan Portal Web. Portal berisikan  menu utama antara lain Menu Siklus Perencanaan, yang menampilkan tahap-tahap kegiatan dari mulai perencanaan, lelang, progres pelaksanaan, sampai menjadi Aset Kementerian PUPR. Menu berikutnya adalah Data dan Informasi, menampilkan data-data proyek strategis  berdasarkan Kebijakan Satu Peta.

Menu Live Monitoring, menampilkan CCTV di beberapa lokasi, tampilan ini adalah hasil kerja sama Kementerian PUPR dengan NTMC POLRI. Issue Of The Day menampilkan berita-berita terhangat yang sudah dirangkum, untuk memudahkan para Pengambil Keputusan dalam melihat poin utamanya. Info Eksternal merupakan linkKementerian/Badan/Lembaga terkait. (Widiastuti K. Wardhani)