Slide 1

Berita Ditjen Bina Marga > Pelantikan dan Sertijab di Lingkungan Ditjen Bina Marga


Selasa, 24 Juli 2018, Dilihat 5568 kali

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik sebanyak 127 pejabat untuk Jabatan Tinggi Madya, Pratama, Administrator dan Fungsional di lingkungan Kementerian PUPR, Jumat (19/7/2018), di Auditorium Kementerian PUPR. Pejabat yang dilantik terdiri dari 7 Pejabat Tinggi Madya (eselon I), 22 Pejabat Tinggi Pratama (eselon II.a), 7 Pejabat Tinggi Pratama Unit Pelaksana Teknis (II.b), 66 Pejabat Administrator (eselon III.a) dan 16 Pejabat Administrator (eselon III.b), dan 9 pejabat fungsional.     

Tujuh Pejabat Tinggi Madya (eselon I) yang dilantik adalah Ir. Widiarto, sebagai Inspektur Jenderal menggantikan Dr. Rildo Ananda Anwar, SH, MM, Ir. Hari Suprayogi, M.Eng sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Air menggantikan Ir. Imam Santoso, Msc,  Ir. Sugiyartanto, MT sebagai Direktur Jenderal Bina Marga menggantikan Ir. Arie Setiadi Moerwanto, Msc, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M. Eng.Sc sebagai Direktur Jenderal Cipta Karya menggantikan Ir. Sri Hartoyo, Dipl, SE,ME, Ir. Hadi Sucahyono, MPP, Ph.D sebagai Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) menggantikan Ir. Lana Winayanti, MCP yang sebelumnya menjabat Plt. Kepala BPIW.

Selain itu juga dilantik Ir. Achmad Gani Ghazali Akman, M.Eng.Sc sebagai Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan menggantikan Ir. Adang Saf Ahmad, CES dan Ir. Lukman Hakim, M.Sc sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan menggantikan Ir. Khalawi AH. M.Sc, MM. 

Menteri Basuki dalam arahannya mengatakan pergantian pejabat merupakan keniscayaan dan bagian dari penyegaran organisasi yang bertujuan untuk lebih memperkuat dan meningkatkan kinerja organisasi. “Tugas kita adalah bekerja dan bekerja lebih keras. Tahun 2019 kita akan mendapatkan amanah yang lebih besar. Dalam Sidang Kabinet , Menteri Keuangan sudah menyampaikan bahwa renovasi dan pembangunan prasarana pendidikan (sekolah) dan pasar akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Tambahan tugas ini merupakan kepercayaan kepada Kementerian PUPR sebagai wujud hasil dari kinerja Bapak dan Ibu sekalian,” jelas Menteri Basuki.

Amanat lainnya adalah agar para pejabat di Kementerian PUPR menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  “Pejabat yang belum menyerahkan LHKPN, semua dokumen (SK Jabatan) tidak akan saya tandatangani. Sampaikan LHKPN itu karena itu kewajiban kita,” pungkas Menteri Basuki.

Pada Hari yang sama setelah dilakukan pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) oleh Menteri PUPR, Dirjen Bina Marga beserta jajaran dan pejabat yang telah dilantik melakukan serah terima jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga. Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto menyaksikan serah terima jabatan antara pejabat lama dengan pejabat yang baru di lantik di Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga.

Jabatan yang diserahterimakan di lingkungan Ditjen Bina Marga terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama (eselon II.a) Yaitu Direktur Pembangunan Jalan Ir. Achmad Herry Marzuki, CES, Direktur Preservasi Jalan Ir. Atyanto Busono, MT, Direktur Jalan Bebas Hambatan Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc. Pejabat Tinggi Pratama Unit Pelaksana Teknis (II.b) Yaitu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Palembang Ir. KGS Saiful Anwar, MT, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Jakarta Ir. Hari Suko, M.Eng.Sc dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang Ir. Akhmad Cahyadi, M.Eng.SC dan 25 Pejabat Administrator (eselon III.a) yang termasuk di dalamnya Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Padang Ir. H. Aidil Fiqri, MT , Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang Dr. Ir. Muktar Napitupulu, M.Sc , Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu Ir. A. Satriyo Utomo, M.Eng.Sc , Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Manado Dr. Ir. Triono Junoasmono, MT.

Dalam sambutan nya, Sugiyartanto mengucapkan selamat kepada pejabat yang telah dilantik. Pengangkatan dan pelantikan pejabat struktural merupakan sesuatu yang alami dan selalu terjadi dalam suatu organisasi. Adapun pejabat yang promosi tidak di unit organisasi semula saya ucapkan selamat dan  masih menjadi bagian dari warga Bina Marga.

Kepada Kepala Balai Besar dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional dimana bapak dan ibu semua mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur organisasi karena merupakan ujung tombak didalam mewujudkan suatu output kegiatan dalam pencapaian renstra 2015 – 2019, “tegas Sugiyartanto.

Disamping itu kita semua yang ada di ruangan ini dituntut peka terhadap keinginan dan tingginya harapan masyarakat terhadap kondisi infrastruktur. Apalagi pada saat menjelang berakhirnya puasa yaitu hari raya lebaran termasuk nanti tidak lama lagi kita harus mempersiapkan kondisi infrastruktur kita pada saat menjelang natal dan tahun baru. “ucap Sugiyartanto. Mestinya tidak pada saat natal/tahun baru atau lebaran pun memang kita sudah bertugas disitu, “tambah nya.

Beliau juga menyampaikan beberapa pesan dari Menteri untuk para pejabat yang dilantik yaitu :

  1. Profesional dalam bekerja, kreatif, berani dan berinovasi serta mampu menjamin kualitas “No Compromise terhadap Quality Controll” di hasil pelaksanaan
  2. Kerja keras, tidak mudah putus asa, tangguh, tanggap, bergerak cepat dan tepat, dan sebagai katalisator seiring dengan ritme kerja rock n roll (maksudnya adalah percepatan tetapi tidak meninggalkan kualitas
  3. Berintegritas tinggi, tidak melakukan KKN dan hindari Narkoba
  4. Beretika, ikhlas dan hidup sederhana
  5. Dapat memberikan rasa nyaman
  6. Jaga hubungan baik dengan pemerintah daerah termasuk untuk mensinkronkan kegiatan pusat dan kegiatan daerah.