Slide 1

Berita BPIW > Hadi Sucahyono Pimpin BPIW Kementerian PUPR


Jumat, 20 Juli 2018, Dilihat 1088 kali

Foto Hadi Sucahyono Pimpin BPIW Kementerian PUPR

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini memiliki pemimpin baru.

Kepala BPIW Kementerian PUPR saat ini dijabat, Hadi Sucahyono setelah sebelum dijabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPIW, Lana Winayanti. Hadi Sucahyono sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis, BPIW Kementerian PUPR.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala BPIW tersebut dilakukan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di ruang Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (20/7).

Pada kesempatan yang sama, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan terhadap sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkungan BPIW Kementerian PUPR, yakni Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis, Kuswardono, Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur II, Riska Rahmadia, Kepala Bidang Penyusunan Program, Mangapul L. Nababan.

Termasuk Kepala Bidang Pemantauan dan Evaluasi Program, Sosilawati, Kepala Bidang Keterpaduan Infrastruktur Kawasan Strategis, Maulidya Indah Junica, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Antar Kawasan Strategis, Bernadi Haryawan.

Kemudian Kepala Bagian Anggaran dan Umum Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, Allien Dyah Lestary, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kota Kecil dan Perdesaan, M Rudy Siahaan serta Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kota Besar dan Kota Baru, Melva Eryani.       

Dalam sambutannya, Menteri PUPR menyatakan, saat ini 50% lebih jajaran eselon I Kementerian PUPR mengalami perubahan. "Saya sedih, harus berpisah dengan tim yang selama telah terbina solid dan kerja keras," ungkap Menteri PUPR sambil terisak.

Menteri PUPR juga menyampaikan, terima kasih atas dedikasi para pejabat eselon I yang purna tugas, sehingga Kementerian PUPR senantiasa terus mendapat kepercayaan dan tugas baru dari pemerintah. "Tugas tambahan terbaru yang masuk adalah pembangunan pasar-pasar dan sekolah-sekolah,” terangnya.

Ia berharap, para pejabat yang baru dilantik dapat segera melanjutkan kinerja dari pimpinan sebelumnya. Kemudian, dapat bekerja lebih baik, lebih tertib dan juga lebih cepat.

Dalam kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan juga penandatanganan dan pernyataan pakta integritasi, yakni para pejabat yang baru dilantik berjanji untuk tidak melakukan korupsi dan tidak melakukan perbuatan melakukan hukum, serta menjalankan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Usai pelantikan tersebut, Hadi Sucahyono memimpin rapat koordinasi dengan seluruh pejabat di lingkungan BPIW. Dalam rapat tersebut, Hadi mengingatkan, jajaran BPIW untuk bekerja lebih hati-hati, selain tetap kerja keras serta professional.

Ia menyampaikan, BPIW sangat diharapkan dapat menggiring seluruh unit organisasi (Unor) di Kementerian PUPR dalam pengembangan infrastruktur PUPR. “Arahan dari BPIW kini sudah ditunggu, seperti untuk penentuan lokasi, sektor apa melakukan apa. Artinya, BPIW harus punya arahan untuk seluruh Unor,” jelas Hadi.

Dengan begitu, lanjutnya, BPIW mesti “menjahit” perencanaan yang sudah dibuat mulai dari kepulauan, kawasan hingga program tahunan. Sehingga, perencanaan BPIW menjadi perencanan infrastruktur yang terintegrasi dan menjadi acuan unor di lingkungan Kementerian PUPR.

Selain itu, Ia menambahkan, BPIW juga perlu fokus pada program-program unggulan masing-masing pusat sesuai tugas dan fungsi. “Program unggulan atau champion, seperti ITMP KSPN, Anjungan Cerdas, Kota Baru dan program unggulan lainnya,” jelas Hadi.

Hadi juga menyatakan, BPIW sudah waktunya untuk semakin berani melakukan sosialisasi hasil kerja kepada Unor di lingkungan Kementerian PUPR. “Termasuk, terhadap Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara audiensi ke K/L lain” terang Hadi.(ris/infoBPIW)